Rabu 24 May 2017 17:53 WIB

BI Sumut Layani Penukaran Uang Baru untuk Kebutuhan Lebaran

Rep: Issha Harruma/ Red: Nur Aini
 Logo Bank  Indonesia, Bank Indonesia
Foto: Reuters/ Iqro Rinaldi
Logo Bank Indonesia, Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Bank Indonesia segera membuka pelayanan penukaran uang baru mulai 29 Mei 2017. Untuk kebutuhan masyarakat Sumut saat Ramadhan dan Lebaran tahun ini, BI telah menyiapkan uang baru senilai Rp4,3 triliun.

"Kami melayani penukaran uang melalui mobil kas keliling mulai 29 Mei 2017 sampai 22 Juni 2017," kata Kepala Perwakilan BI Sumut, Arief Budi Santoso, Rabu (24/5).

Arief menjelaskan, pelayanan penukaran uang baru untuk wilayah Medan dilakukan dengan dua metode. Pertama, melalui mobil kas keliling milik BI serta bank yang telah bekerja sama dengan BI.

"Untuk tanggal 29 Mei-2 Juni 2017, ada dua mobil kas BI yang kami siagakan untuk melayani penukaran uang pecahan kecil di Lapangan Benteng Medan. Sementara untuk tanggal 5 Juni-22 Juni, ada tambahan 15 mobil kas lagi milik perbankan," ujar dia.

Cara lainnya, kata Arief, yakni penukaran langsung ke kantor kas BI Medan dan 76 loket penukaran yang terdapat di 17 bank yang telah bekerja sama dengan BI. "Kalau ke kantor kas kami dan ke outlet perbankan, sudah bisa mulai dilakukan saat ini," kata Arief.

Untuk memudahkan masyarakat, Arief mengatakan, pihaknya telah menyiapkan spanduk dan modul informasi di kantor-kantor perbankan yang melayani penukaran uang. Menurutnya, tidak semua kantor cabang bank tersebut melayani penukaran uang.

"Untuk kantor yang melayani akan kami pasang spanduk. Dari 17 perbankan itu, totalnya ada 76 outlet atau kantor yang melayani penukaran uang," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement