Jumat 19 May 2017 12:27 WIB

Bank Mandiri Biayai Pergudangan Ciputra Group

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Bank Mandiri
Foto: Darmawan/Republika
Bank Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri menyiapkan pembiayaan untuk pembelian properti pergudangan milik PT Mitra Makmur Bagya (Ciputra Group) dengan skema kredit investasi. Penandatanganan perjanjian pembiayaan tersebut dilakukan oleh Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi dan Direktur Mitra Makmur Bagya Harun Hajadi di Jakarta, Jumat (19/5). 

Dalam perjanjian ini, Bank Mandiri akan memberikan pembiayaan dengan limit sampai Rp 10 miliar kepada calon debitur, baik individu maupun badan usaha. Syaratnya telah mendapatkan rekomendasi Mitra Makmur Bagya serta telah melalui proses verifikasi internal Mandiri. Pembiayaan yang diberikan memiliki jangka waktu panjang, yakni maksimal 10 tahun. 

Tardi mengatakan, sinergi dengan Ciputra Group ini diharapkan dapat membantu para pengusaha untuk memiliki gudang guna penempatan barang hasil produksi dengan proses yang lebih mudah dan menguntungkan. Di sisi lain, Mitra Makmur Bagya juga akan memperoleh dana hasil penjualan gudang dengan lebih cepat. 

“Melalui inisiatif skema pembiayaan ini, kami optimis dapat mendukung perkembangan bisnis para pengusaha dan mitra developer perseroan dapat tumbuh secara berkelanjutan,” tutur Tardi, melalui keterangan resmi, Jumat, (19/5). 

Dalam skema pembiayaan tersebut, tambah Tardi, pihaknya tetap mempersyaratkan minimal 20 persen dari nilai yang diterima Bank Mandiri sebagai self financing. “Sehingga pembiayaan yang diberikan perseroan meliputi maksimal 80 persen dari nilai harga jual gudang itu,” jelasnya. 

Tardi menyebutkan, secara total plafon yang dipersiapkan bagi seluruh debitur dalam program bersama Mitra Makmur Bagya mencapai Rp 50 miliar. “Ke depan, kami berharap dapat terus berinisiatif dalam menciptakan skema-skema keuangan yang dapat membantu para pengusaha dalam memenuhi kebutuhan bisnisnya. Terutama terkait aspek properti untuk usaha,” ujarnya. 

Di segmen properti, saat ini Bank Mandiri menjadi salah satu institusi keuangan dengan pangsa pasar cukup baik. Hingga Maret 2017, komitmen pembiayaan Bank Mandiri ke sektor properti telah mencapai Rp 21,9 triliun, meningkat 12,3 persen dari periode sama tahun sebelumnya, dengan nilai pencairan sebesar Rp 11,1 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement