Rabu 17 May 2017 14:51 WIB

PGN Dapat Pasokan Gas 37 BBTUD dari ConocoPhillips

Rep: Frederikus Bata/ Red: Dwi Murdaningsih
PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG)  dengan Conocophillips (Grissik) Ltd.
Foto: pgn
PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan Conocophillips (Grissik) Ltd.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG)  dengan Conocophillips (Grissik) Ltd. Penandatangan PJBG dilakukan Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim dengan President & General Manager ConocoPhillips (Grissik) Bajian Agarwal, di sela acara The 41 Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (17/5).

"Penandatangan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah dan industri hulu kepada PGN," kata Jobi, di Gedung JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (17/5).

Dalam perjanjian tersebut, ConocoPhillips akan memasok gas sebesar 37 BBtud (Billion British thermal units per day) ke PGN  sepanjang 2018 hingga 2023. Pasokan gas akan dialirkan PGN ke wilayah Dumai, Sumatra melalui jaringan pipa distribusi.  Saat ini PGN sedang menyelesaikan pengerjaan proyek pipa gas distribusi Dumai sepanjang 137 kilometer. Proyek tersebut diperkirakan selesai tahun depan.

Selain proyek pipa distribusi, PGN juga sedang mengerjakan proyek pipa transmisi Duri-Dumai sepanjang 67 kilometer. Proyek pipa transmisi ini dikerjakan bersama-sama dengan PT Pertamina (Persero) berdasarkan penugasan dari pemerintah. "Selain Duri-Dumai, PGN sedang membangun infrasturktur pipa gas di Riau, Jawa Barat, Jawa Timur dan beberapa daerah lainnya," ujar Jobi.

PGN saat ini telah membangun dan mengoperasikan lebih dari 7.200 km jaringan pipa gas bumi. Ini setara dengan 80 persen pipa gas bumi hilir seluruh tanah air.

Dari infrastruktur gas bumi tersebut, PGN menyalurkan gas bumi secara langsung ke pelanggan domestik mencapai 168.973 pelanggan, dengan rincian lebih dari 165.392 pelanggan rumah tangga, 1.929 pelanggan sektor UMKM, komersial, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.652 industri manufaktur berskala besar dan pembangkit listrik.PGN juga mengoperasikan 2 unit  Floating Storage Regasification Unit (FSRU), 11 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan 4 Mobile Refueling Unit (MRU).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement