Sabtu 06 May 2017 01:16 WIB

Pemerintah Optimistis Tekan Angka Pengangguran

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ilham
Pengangguran (ilustrasi)
Pengangguran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah optimistis terus menurunkan angka pengangguran dengan melakukan berbagai strategi dan program kerja. Apalagi didorong dengan pertumbuhan ekonomi dan investasi yang terus naik sehingga mampu memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

“Data pengangguran tahun ke tahun, trendnya terus menurun, dari 5,5 menjadi 5,33. Ini suatu keberhasilan. Kita akan terus melakukan percepatan pengurangan pengangguran dan membuka kesempatan kerja,” kata Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri dalam keterangan pers dyang diterima Republika.co.id, Jumat (5/5).

Hanif menjabarkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2017, angka pengangguran mengalami penurunan menjadi 5,33 persen dari sebelumnya 5,50 persen. Angka ini turun 0,17 persen, jika dibandingkan Februari 2016.

Menurut Hanif, ini merupakan capaian yang cukup menggembirakan, terlebih jika menilik kondisi perekonomian Indonesia yang juga mengalami pertumbuhan. Pada kuartal I-2017 tercatat tumbuh 5,01 persen year on year (yoy), angka ini meningkat dibandingkan kuartal I-2016 yang hanya sebesar 4,92 persen.

 

“Pemerintah juga melakukan penyiapan tenaga kerja yang memiliki keahlian (skill) melalui Balai-Balai Latihan Kerja. Penyiapan tenaga kerja yang kompeten dibutuhkan  mengisi kebutuhan tenaga kerja  dalam pembangunan  berbagai bidang yang terus digenjot, seperti di sektor infrastruktur, dll,” kata Hanif.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement