Senin 01 May 2017 03:03 WIB

Harga Bawang Naik Mendekati Ramadhan

  Seorang petani memegang bawang merah.  (ilustrasi)
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Seorang petani memegang bawang merah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebulan menjelang Ramadhan, harga komoditas bawang putih di Kota Sukabumi, Jawa Barat mulai merangkak naik. Kondisi ini terjadi karena tingginya permintaan sementara pasokan menurun.

"Harga bawang putih ini naik sebesar Rp6.000 dari harga pekan lalu yakni Rp 38 eibu menjadi Rp 44 ribu setiap kilogram," kata Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, Ahad (30/1).

Menurut dia, biasanya mendekati Ramadhan beberapa harga kebutuhan pokok dan bukan utama naik karena tinginya permintaan, maka dari itu pihaknya mengintensifkan pemantauan dan pengawasan ketersediaan dan pasokan ke pasar tradisional. Selain itu, kenaikan harga ini juga dipicu dari hasil panen di daerah-daerah penghasil dan diharapkan menjelang Ramadhan hingga usai lebaran pasokan dan harga normal serta walaupun ada kenaikan harga masih dalam batas kewajaran.

Sementara di sisi lain untuk harga komoditas tomat malah mengalami penurunan hingga 40 persen atau Rp 4.000 dari harga pekan lalu Rp 10 ribu menjadi Rp 6.000 setiap kilogram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement