Rabu 12 Apr 2017 15:49 WIB

Pesawat Garuda dan Sriwijaya Nyaris Tabrakan di Landasan Pacu Soekarno-Hatta

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat Garuda Indonesia
Pesawat Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada Selasa (11/4) kemarin terjadi runway incursion di Bandara Soekarno-Hatta antara penerbangan SJY072/PK-CMR/B738 milik Sriwijaya Airline dengan GIA981/PK-GIK/N777 milik Garuda Airline. Kementerian Perhubungan menjelaskan kronologi awal kejadian tersebut adalah sebagai berikut:

GIA 981 melakukan intial contact dengan Menara pengawas Bandara Soekarno-Hatta dan melaporkan posisi pesawat leaving point PAKAR. Lalu GIA 981 diberikan info tentang altimeter setting dan sequence untuk landing oleh menara pengawas Bandara Soekarno-Hatta dan di readback dengan baik dan benar oleh pilot.

Pihak menara pengawas Bandara Soekarno-Hatta memberikan take off clearance untuk GIA 234. Kemudian pihak menara pengawas Bandara Soekarno-Hatta memberikan clearance line up kepada SJY072 dibelakang departing traffic (GIA 234) dan di-readback dengan baik dan benar oleh pilot.

GIA 981 diberikan traffic info dan wind condition, kemudian GIA 981 diberikan landing clearance dan di-readback dengan baik dan benar oleh pilot.

Sementara itu pesawat Sriwijaya Airlines SJY 072 menginformasikan pesawat proses line up 25R di saat yang bersamaan GIA 981 diinstruksikan oleh ATC untuk go around runway 25R. GIA 981 landing dengan selamat menggunakan runway 25R.

 

Terhadap kejadian tersebut LPPNPI telah melakukan corrective action, yaitu dengan membebastugaskan sementara personel on duty (supervisor dan controller) guna kelancaran proses investigasi lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement