Selasa 11 Apr 2017 17:44 WIB

PLN Gorontalo Luncurkan Bentor MootilanGO

Seorang pria melintas diantara Becak motor (bentor) MootilanGo (motor uti pelayan Gorontalo) yang diluncurkan di kantor PLN area Gorontalo, Gorontalo, Senin (10/4).
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Seorang pria melintas diantara Becak motor (bentor) MootilanGo (motor uti pelayan Gorontalo) yang diluncurkan di kantor PLN area Gorontalo, Gorontalo, Senin (10/4).

REPUBLIKA.CO.ID GORONTALO -- Bentor atau becak motor yang lazimnya digunakan sebagai moda transportasi lokal,  di tangan para pegawai muda PLN, bentor disulap menjadi armada khusus pelayanan penyambungan listrik. Bentor dipilih karena mampu menjangkau tempat tinggal masyarakat Gorontalo yang dilalui lorong kecil dan sulit dijangkau kendaraan roda empat atau mobil. 

Pihak PLN memberi nama layanan ini MootilanGO yang berarti terang benderang.  MootinalGo juga merupakan singkatan dari Motor Uti Pelayanan Gorontalo. “Ini adalah kendaraan khas Gorontalo yang juga merupakan kearifan lokal yang menjadikannya armada terunik yang dimiliki PLN,” kata Manajer PLN Gorontalo Nayusrizal, melalui keterangan tertulisnya Senin (10/4). 

Saat ini ada delapan unit bentor yang siap membantu pelayanan listrik di 4 rayon yang ada di PLN Area Gorontalo. Tiap bentor sudah dilengkapi dengan tangga, kotak berisi kabel, meter listrik, dan Alat Pelindung Diri. Bentor ini dioperasikan dua orang operator yang sudah terlatih dan siap memberikan pelayanan listrik.

Saat ini, PLN Area Gorontalo melayani sebanyak 239.667 yang tersebar di 5 kabupaten dan 1 kotamadya yang ada di provinsi Gorontalo. PLN mempunyai target menyambung listrik sebanyak 28 ribu pelanggan pada tahun 2017 ini. Hingga bulan Maret sudah tercapai sekitar 20 persen. "Adanya tambahan bentor pelayanan listrik, kami bertekad memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat dan transparan, " kata Nayusrizal.

Walikota Gorontalo, Marten Taha menyampaikan apresiasinya atas terobosan inovatif yang dihasilkan PLN Area Gorontalo. Menurutnya bentor dapat menjangkau daerah yang tidak bisa dilalui mobil sehingga dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat. "Ini menunjukkan bahwa PLN telah mengangkat kearifan lokal Gorontalo,"kata Marten Taha.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement