Jumat 07 Apr 2017 18:46 WIB

Ini Syarat Produk UMKM Bisa Masuk Ritel Modern

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
Alfamart
Foto: Ist
Alfamart

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Perusahaan ritel Alfamart membuka bagi UMKM yang ingin menjual produknya. Branch Manager Alfamart Lombok Danny Febrianto mengatakan Alfamart  terbuka untuk menerima produk-produk industri kecil menengah (IKM) di NTB untuk masuk ke sejumlah gerai Alfamart yang ada di NTB.

Danny menyebutkan, kriteria produk IKM bisa diterima di gerai Alfamart harus memilili perizinan produksi pangan industri rumah tangga, departemen kesehatan, sertifikasi halal MUI, dan BPOM.

Alfamart Gandeng Produk UMKM di NTB

Danny menjelaskan, kebanyakan IKM di NTB banyak terkendala dari askes permodalan. Dia menilai, sebaiknya ada suatu wadah semacam koperasi yang mengakomodasi para pelaku IKM untuk kemudian disalurkan ke Alfamart.

"Kita sarankan ada semacam bapak asuh atau asosiasi yang menaungi merek. Jadi, Alfamart hubungannya langsung ke koperasi atau asosiasi," ujar Danny dalan jumpa pers di Mataram, NTB, Jumat (7/4).

Danny melanjutkan, persoalan lain yang kerap menghambat para pelaku IKM ialah aspek kontinuitas. Danny menilai, konsitensi para pelaku IKM dalam memasok produk kerap terhambat akibat keterbatasan modal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement