Senin 20 Mar 2017 09:08 WIB

Stok Sapi Potong di Sukabumi Aman Jelang Ramadhan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ilham
Peternakan sapi (ilustrasi).
Foto: istimewa
Peternakan sapi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Stok sapi potong di Kabupaten Sukabumi aman beberapa bulan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Pasalnya, sejumlah peternakan besar di Sukabumi memiliki stok yang cukup banyak.

"Stok sapi aman untuk memenuhi kebutuhan warga,’’ kata Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi Iwan Karmawan kepada Republika.co.id, Senin (20/3). Di Sukabumi, kata dia, terdapat tiga perusahaan besar peternakan sapi yang memasok kebutuhan warga Sukabumi maupun luar daerah.

Peternakan sapi potong PT Karyana Gita Utama (KGU) di Kecamatan Cicurug memiliki stok sapi KGU sekitar 15 ribu ekor. Jumlah tersebut mampu memenuhi kebutuan warga. Sapi itu terdiri atas sapi impor maupun sapi lokal.

Dua perusahaan peternakan sapi lainnya yakni PT Nas di Kecamatan Sukaraja dan PT Cipriangan Jaya di Kecamatan Cireunghas. Selain ketiga perusahaan tersebut, terdapat sejumlah peternakan lainnya dalam skala kecil di tengah masyarakat.

Menurut Iwan, Disnak juga memantau lalu lintas ternak sapi dari luar daerah ke Sukabumi. Upaya ini dilakukan mengingat munculnya kasus anthrax di Yogyakarta beberapa waktu lalu. "Kami berencana membangun dua pos pemeriksaan hewan ternak di perbatasan,’’ kata Iwan. Ada dua lokasi yang akan dibangun cek pon hewan ternak, yaitu di Benda Kecamatan Cicurug yang berbatasan dengan Bogor dan Sukalarang yang berbatasan dengan Cianjur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement