Rabu 15 Mar 2017 12:40 WIB

Limbah Kelapa Sawit Bakal Dikonversi Menjadi Listrik

Rep: Frederikus Bata/ Red: Dwi Murdaningsih
Listrik dari biogas rumput laut
Listrik dari biogas rumput laut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendorong pemanfaatan limbah kelapa sawit.  Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM, Rida Mulyana menerangkan limbah sawit yang berupa padat dan cair tersebut sangat efektif untuk menghasilkan energi listrik.

"Limbah yang padat atau solid bisa dijadikan sumber pasokan energi biomasa,  malah sudah 1.700 Megawatt.  Lalu limbah cair atau yang disebut Pome,  mengandung metana yang 21 kali lebih jahat dari CO2. Masih banyak yang dibakar,  tapi ada juga yang dimanfaatkan untuk gas," kata Rida dalam forum Biogas di hotel Dharmawangsa, Jakarta,  Rabu (15/3).

Ia melanjutkan saat ini di Indonesia memiliki sekitar 800 pabrik kelapa sawit (PKS) yang tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Jika satu PKS menghasilkan satu Megawatt listrik,  maka keseluruhan mampu memasok 800 Megawatt.

"Termasuk kami juga sudah membuat proyek percontohan yang membuat limbah sawit menjadi listrik untuk masyarakat setempat secara off grid (Tenaga Surya) tanpa melibatkan PLN," ujar Rida.

Pemerintah,  kata Rida sedang merancang program khusus pemanfaatan limbah pome menjadi listrik untuk masyarakat setempat. Program tersebut ditujukan kepada para pengusaha kelapa sawit.

"Nantinya akan sedikit obligasi ke teman-teman pemilik kelapa sawit untuk mengubah pomenya menjadi listrik," kata dia.

Kementerian ESDM,  jelas dia juga membicarakan konsep ini dengan PLN.  Salah satunya soal kondisi pabrik kelapa sawit yang jauh dari PLN.

"Dan kami lagi menyusun bagaimana mengclusteringnya, sehingga saat dikembangkan, teman-teman tidak hanya menjalankan kewajiban dari program mandatory, tetapi mendapatkan benefit secara finansial," ujar Rida.

Ia berharap para pengusaha sawit tersebut merespons dan mempersiapkan hal yang berkaitan dengan berjalannya program itu. Program bagaimana pemanfaatan limbah menjadi listrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement