Rabu 15 Mar 2017 11:58 WIB

Ditanya Soal Penunjukan Dirut Pertamina, Ini Jawaban Rini

Pertamina
Foto: Antara/Widodo S Jusuf
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga kini publik masih bertanya-tanya siapakah sosok yang akan memimpin PT Pertamina (Persero). Sejumlah nama seperti Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III Elia Massa Manik dan Staf Khusus Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin digadang-gadang menjadi kandidat terkuat pengganti Dwi Soetjipto sebagai direktur utama Pertamina.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno enggan berkomentar terkait penunjukkan dirut Pertamina. "No comment, saya tidak komentar," kata Rini Soemarno ketika ditanya wartawan usai mendatangi acara anugerah inovasi Pertamina (APQ) di Jakarta, Rabu (15/3).

Hingga berjalan menuju ke mobil dinas, Rini Soemarno hanya melambaikan tangan kepada wartawan tanpa menjawab pertanyaan wartawan terkait dengan penunjukkan Direktur Utama Pertamina. Dalam acara tersebut Rini menyampaikan betapa pentingnya perusahaan BUMN berkolaborasi satu sama lain. Karena keuntungannya juga dimanfaatkan untuk kepentingan negara.

Ia menjelaskan, para karyawan yang bekerja di perusahaan BUMN beserta dengan anak perusahaannya berjumlah sekitar 10 juta. Sehingga sebagian besar masyarakat Indonesia menggantungkan hidup dari perusahaan-perusahaan negara.

Lihat juga: Pertamina Bidik Dua Lapangan Migas Iran

"Jika inovasi-inovasi Pertamina tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan, maka akan banyak masyarakat Indonesia mendapatkan manfaat besar baik secara kinerja maupun kesejahteraan," katanya.

Rini Soemarno berharap dari sebanyak 143 perusahaan BUMN dan total sebanyak 700 perusahaan dari anak cabang BUMN dapat menghasilkan inovasi-inovasi di setiap bidang yang menjadi fokus bisnisnya.

Selain itu, proses-proses yang transparan harus ditingkatkan guna menjaga stabilitas perusahaan. Masyarakat sekitar juga harus diberikan perhatian agar BUMN membawa kesejahteraan bagi lingkungan bisnisnya. "Jangan lupa masyarakat juga harus dirangkul untuk bisa memberikan manfaat yang saling menguntungkan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement