Kamis 02 Mar 2017 20:16 WIB

PGN Latih BUMDes di Banten Kembangkan Usaha

PGN menggelar Pelatihan dan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Teluk Terate, Kramatwatu, Serang, Banten.
Foto: PGN
PGN menggelar Pelatihan dan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Teluk Terate, Kramatwatu, Serang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) aktif mendorong roda perekonomian khususnya di kawasan operasi PGN. Salah satunya, dengan menggelar pelatihan dan berbagi strategi bisnis ke masyarakat.

Seperti yang dilakukan pada Kamis (2/3), PGN menggelar Pelatihan dan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Teluk Terate, Kramatwatu, Serang, Banten. Pelatihan ini merupakan bagian dari program Desa Binaan yang sebelumnya telah dikembangkan oleh PGN di wilayah sekitar Stasiun Bojonegara, Banten.

Division Head Corporate Social Responsibility (CSR) PGN Enik Indriastuti mengatakan, pelatihan ini merupakan bentuk konsistensi perusahaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sekitar wilayah operasi. Melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat mendorong inisiatif masyarakat untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang yang ada dengan pendekatan yang lebih inovatif.

PGN Beri Permodalan dan Pelatihan Warga Desa di Batam

"Ini merupakan bukti tanggung jawab sosial kami sebagai perusahaan terhadap pengembangan ekonomi masyarakat dan pengembangan pendapatan lokal melalui pelatihan, sekaligus upaya kami dalam menciptakan kemandirian masyarakat sekitar wilayah operasional," kata Enik.

Melalui pelatihan ini, dia berharap para pengurus BUMDes dan masyarakat penerima manfaat mampu dan sanggup mengelola dan mengembangkan usahanya. Pelatihan diikuti oleh komisaris/penasehat BUMDes, pengawas BUMDes, pengelola operasional BUMDes, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan Kelompok Usaha Masyarakat di Desa Teluk Terate.

Dalam pelatihan kewirausahaan tersebut, PGN memberikan sejumlah materi yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha yang ada di sekitar Stasiun Bojonegara.

Selain memberikan motivasi, pengembangan kreativitas ide-ide usaha BUMDes, dan memberikan strategi melakukan usaha, PGN juga akan memperkenalkan pengolahan dan teknik kemasan (packaging) makanan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Serang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement