Selasa 28 Feb 2017 15:11 WIB

Pengusaha Keturunan Indonesia Ini akan Datang Bersama Raja Salman

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nur Aini
Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud
Foto: EPA/STR
Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Salah satu delegasi yang akan dibawa Raja Arab Saudi ke Indonesia ternyata ada yang merupakan keturunan Indonesia. Dia adalah Adil Makki yang dilahirkan seorang ibu asal Indonesia.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia selama sembilan hari. Raja Salman akan membawa setidaknya 1.500 delegasi dan akan menandatangani nota kesepahaman dengan Indonesia. Kebenaran Adil Makki merupakan keturunan Indonesia tersebut dibenarkan pamannya, Ario Helmy.

Ario menjelaskan, Adil Makki dilahirkan dari seorang ibu asal Indonesia bernama Indira Helmy dan ayahnya, Munief Makki asli Arab Saudi. Adil akan tiba di Indonesia bersama rombongan Raja Salman. “Iya betul, (dia) mewakili Kamar Dagang Saudi,” ujar Ario kepada Republika.co.id, Selasa (28/2).

Menurut Ario, perusahaannya yang bernama Adil Makki Contracting Company (AMCO) bergerak di bidang kontraktor. Saat ini, perusahaannya sedang menjalin mitra dengan perusahaan milik BUMN PT Wijaya Karya. AMCO melakukan kerja sama dengan PT Wijaya Karya dengan lama kontrak 10 tahun. Kerja sama tersebut, kata Ario, sudah dimulai sejak tahun lalu.

“Jadi dia yang memasukkan Wika (Wijaya Karya) ke Saudi. Dia mitranya Wijaya Karya yang bergerak di bidang konstruksi hotel, pusat perbelanjaan, dan perkantoran,” kata Ario. Kunjungan Adil ke Indonesia bersama Raja Salman, tutur Ario, untuk menandatangani kontrak lanjutan dengan PT Wijaya Karya.

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Muhammad Abdullah al-Shuaibi menjelaskan, kesepakatan yang akan ditanda tangani nantinya akan ditangani langsung oleh menteri terkait. Beberapa kerja sama yang akan dibahas dengan Indonesia yaitu agama, budaya, hingga perminyakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement