Rabu 22 Feb 2017 20:37 WIB

Politikus Gerindra: Pemerintah Jangan Kendor Hadapi Freeport

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
Sufmi Dasco Ahmad.
Foto: Ist
Sufmi Dasco Ahmad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi III DPR, Sufmi Dasco Ahmad menilai sengketa Freeport dengan pemerintah soal status kontrak dan larangan ekspor konsentrat sesungguhnya sederhana. Menurutnya, semua pihak harus memahami ketentuan yang bersifat peraturan perundang-undangan (regeling) berada diatas segala macam perjanjian dan keputusan pemerintah (beschikking) .

Ia menjelaskan, ketentuan larangan ekspor konsentrat secara jelas diatur dalam Pasal 170 UU Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Mineral dan Batubara. Bahkan, Freeport sudah lebih dua tahun mendapatkan dispensasi pemberlakuan pasal tersebut sejak tenggat waktu pelaksanaannya tahun 2014.

''Apa yang dilakukan pemerintah saat ini sudah tepat dan tidak perlu diubah lagi. Kami menyerukan pemerintah agar jangan kendor hadapi Freeport. Kita perlu tekankan bahwa undang-undang mengikat semua individu dan badan hukum yang melakukan kegiatan usaha di Indonesia,'' ujar Dasco, Rabu (22/2).

Seharusnya, lanjut dia, sebagai sebuah perusahaan berskala dunia, Freeport bisa menunjukkan ketaatan pada hukum. Jika kasus ini dibawa ke arbitrase asing sekalipun, ia yakin Indonesia dalam posisi yang kuat berdasarkan Konvensi New York 1958 dan Pasal 66 UU Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.

''Putusan Arbitrase baru bisa dilaksanakan jika tidak bertentangan dengan ketertiban umum atau hukum di negara setempat,'' jelasnya.

Politikus Gerindra itu menyatakan, kasus Freeport merupakan soal kedaulatan. Sehingga tidak boleh ada pihak asing yang seenaknya mau mengatur penegakan hukum di Indonesia.

''Bagaimana mungkin UU yang kita buat sendiri diminta untuk dilanggar. Mengikuti kemauan Freeport sama saja dengan melanggar undang-undang,'' sebutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement