Selasa 21 Feb 2017 12:47 WIB

Pangandaran dan Ciletuh Disiapkan Jadi KEK Pariwisata

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Hazliansyah
Sejumlah wisatawan berjalan dengan membawa papan surfing di Pantai Batu Karas, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (17/8). (Mahmud Muhyidin)
Foto: Mahmud Muhyidin
Sejumlah wisatawan berjalan dengan membawa papan surfing di Pantai Batu Karas, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (17/8). (Mahmud Muhyidin)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kabupaten Pangandaran akan disiapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang Pariwisata oleh Pemprov Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, hal tersebut sedang diusulkan kepada Kementerian Pariwisata.

Heryawan mengatakan, dijadikannya Pangandaran sebagai KEK kepariwisataan agar dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Mengingat Pangandaran menjadi salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki obyek wisata unggulan seperti pantai.

"Sebagian Pangandaran dan sebagian Ciletuh sedang diusulkan ke Kemenpar (Kementerian Pariwisata) untuk menjadi KEK bidang Kepariwisataan. Tentu nanti ada pertumbuhan kawasan baru, ada destinasi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi," kata Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Selasa (21/2).

Menurutnya pariwisata merupakan potensi untuk menumbuhkan ekonomi yang paling dirasakan langsung oleh masyarakat. Karena melibatkan warga sebagai bagian dari pengelola wisata.

Aher, sapaan akrab gubernur, berharap melalui KEK ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Sehingga bisa berdampak langsung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya kira tema pertumbuhan ekonomi via Pariwisata harus diperbesar dan diperluas dimana-mana. Karena ini nyaman dan dampaknya utuh dimiliki oleh masyarakat,” ujar Aher.

Untuk itu, Pemprov Jabar akan memperbaiki dan membuat infrastruktur pendukung KEK. Seperti di Ciletuh saat ini pemerintah telah membangunan infrastruktur seperti jalan, juga berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti hotel dan jaringan komunikasi melalui kerja sama dengan berbagai pihak. Sementara di Pangandaran, landasan Bandara Nusawiru akan diperpanjang agar semakin bergeliat aktivitasnya.

“Kawasan ini akan semakin ditata, semakin rapih, semakin nyaman. Yang kedua akan lebih difokuskan menjadi tempat destinasi wisata, sehingga semakin banyak juga /spending money di sana kan. Dan pada saat yang sama juga kita berbicara dampak, dampaknya pasti meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Gubernur berharap dengan dijadikannya KEK kepariwisataan maka pengembangan wisata akan lebih fokus. Sehingga ke depannya akan banyak wisatawan yang datang ke Jawa Barat.

"Akan lebih fokus jadi tempat destinasi wisata jadi wisatawan semakin banyak. Pada saat yg sama dampaknya meningkatkan pendapatan masyarakat," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement