Kamis 09 Feb 2017 10:45 WIB

Kementerian LHK Resmikan Pesona Mart Pertama di Ambon

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutana Siti Nurbaya meresmikan Pesona Mart pada Rabu (8/2) di Ambon, Provinsi Maluku. Ini merupakan Pesona Mart pertama yang hadir di Ambon dengan tujuan sebagai media promosi dan pemasaran produk-produk perhutanan sosial. 

Kehadiran Pesona Mart merupakan salah satu upaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam mendukung program peningkatan ekonomi kerakyatan. "Aspek yang penting saat ini adalah masyarakat perlu mendapat keadilan dan peluang-peluang untuk berproduksi dan sejahtera," ujar Siti melalui siaran pers yang diterima Republika, Kamis (9/2).

Ia mengatakan, Pesona Mart yang berada di lingkungan kantor Balai PSKL Maluku, Papua, tersebut bisa menjadi tempat berinterikasinya masyarakat, lokasi bertemunya penjual dengan pembeli dan diharapkan dapat menjadi ruang interaksi inspirasi. Untuk melengkapi Pesona Mart, perlu adanya peningkatan produktifitas masyarakat dalam memanfaatkan hutan kemasyarakatan, hutan desa, dan hutan tanaman rakyat.

Program Perhutanan Sosial seperti ini nantinya, kata dia, tidak hanya bertumpu pada kegiatan pemberdayaan masyarakat, tapi juga mengedepankan bisnis rakyat. Selama ini hutan diberikan dengan mudah kepada pengusaha namun kini pihaknya ingin memberikan izin pemanfaatan hutan kepada rakyat.

"Hal tersebut sesuai pengarahan Presiden agar menuntaskan pembangunan sampai ke pelosok melalui penataan ekonomi yang berkeadilan," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement