Jumat 27 Jan 2017 14:17 WIB

Alibaba Akuisisi Perusahaan Pengiriman Uang AS

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Alibaba Grup (ilustrasi)
Foto: REUTERS
Alibaba Grup (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Ant Financial Services Group, anak usaha pembayaran digital milik raksasa e-commerce Cina Alibaba, membeli perusahaan pengiriman uang asal Amerika Serikat (AS) MoneyGram. Nilai akuisisi tersebut mencapai 880 juta dolar AS.

Kesepakatan ini diprediksi akan menggoyang pasar pembayaran internasional. Ant Financial saat ini mendominasi industri pembayaran online di Cina. 

Dilansir Reuters, Jumat (27/1), dengan akuisisi ini secara signifikan akan memperluas kehadirannya di luar negeri. Apalagi, Ant Financial juga menghadapi persaingan yang ketat di Cina dengan sistem pembayaran WeChat milik Tencent. Saham MoneyGram di bursa AS pun melonjak hampir 9 persen setelah kabar akuisisi ini.

Pihak perusahaan mengatakan kesepakatan itu akan tunduk pada persetujuan dari Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CIFIUS), sebuah panel antarlembaga di AS yang mengulas akuisisi asing terhadap aset domestik dari sisi masalah keamanan nasional. CIFIUS telah menjadi batu sandungan bagi beberapa penawaran Cina di Amerika Serikat.

Akuisisi MoneyGram oleh Ant Financial ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Cina dan Amerika Serikat atas kesediaan Presiden Donald Trump untuk mengevaluasi kembali konvensi kebijakan luar negeri utama seperti prinsip Satu Cina. Ia juga mengancam akan memberlakukan tarif yang tinggi pada barang impor asal Cina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement