Rabu 11 Jan 2017 15:58 WIB

Harga Cabai di Kota Malang Berangsur Turun

Rep: Christiyaningsih/ Red: Nur Aini
Cabai (ilustrasi)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Cabai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Harga cabai rawit di Kota Malang berangsur turun. Di Pasar Besar Malang, harga cabai rawit merah yang pekan lalu mencapai Rp 105 ribu per kilogram (kg) kini menjadi Rp 90 ribu pada Rabu (11/1).

Pedagang cabai di Pasar Besar Malang bernama Agus Salam mengatakan dalam beberapa hari terakhir harga cabai cenderung turun. "Harga cabai rawit rata-rata turun Rp 5.000 per hari," katanya.

Akan tetapi meski harganya turun kualitas cabai-cabai tersebut tidak terlalu bagus. Bahkan di antara cabai kadang ditemukan ada yang sudah busuk. "Harga cabai mahal kualitasnya jelek, cabai yang kualitas bagus sedang sulit dicari," ungkap Agus.

Melambungnya harga cabai belakangan ini berdampak pada daya beli masyarakat. Dalam kondisi harga normal, Agus mampu menjual sekitar 40 kilogram cabai rawit per hari. Namun sejak harga merangkak naik penjualannya anjlok menjadi hanya 20 kilogram per hari. Menurutnya, para pembeli mengurangi jumlah pembelian cabai karena harga yang mahal.

Untuk cabai merah besar harganya relatif stabil yakni Rp 25 ribu per kg. Sementara harga cabai hijau harganya bergerak fluktuatif. "Hari ini cabai hijau Rp 56 ribu per kilogram sedangkan kemarin masih Rp 52 ribu per kilogram," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement