Senin 09 Jan 2017 10:30 WIB

Jokowi Blusukan ke Pasar Kajen Pekalongan

Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Yasin Habibi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Pasar Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah menyambangi warga serta para penjual sayur dan sembako. Jokowi tiba di pasar itu sekitar pukul 09.00 WIB, Senin (9/1).

Sejumlah masyarakat yang telah menunggu Presiden ramai berkumpul begitu orang nomor satu di Indonesia itu turun dari mobil. Para pedagang juga menyambut Presiden dengan memanggil-manggil nama Jokowi.

Jokowi menyampaikan, pemerintah akan membangun pasar tersebut untuk memperbaiki kondisi fisik bangunan. "Saya perintahkan agar pasar ini direhab lantai kemudian pengelolaan di kios," kata Presiden di Pasar Kajen.

Presiden meminta bupati Pekalongan membangun pasar itu maksimal mulai 2018. Jokowi mengatakan, perbaikan fasilitas di Pasar Kajen penting untuk membangun ekonomi masyarakat karena merupakan pasar induk di Kabupaten Pekalongan. "Maksimal lima tahun ke depan rampung. Di depan juga bagus, ramai, sehingga perlu direhab," katanya.

Presiden mengunjungi sejumlah los di pasar dan berdiskusi dengan para pedagang, baik penjual sayur, sembako, maupun tempe. Jokowi berkeliling pasar tersebut selama sekitar 30 menit.

Sepanjang perjalanan dari hotel tempat Presiden menginap di Jalan Gajah Mada hingga ke Pasar Kajen, warga sekitar antusias menyambut kedatangan Jokowi. Sejumlah siswa siswi mulai SD, SMP, hingga SMA menyambut Presiden dengan beberapa mengibarkan bendera Merah Putih berukuran kecil di tepian jalan.

Beberapa masyarakat yang semringah juga merekam video dan mengabadikan momentum menggunakan kamera telepon pintar ketika Kepala Negara berkunjung ke daerah mereka. Usai dari Pasar Kajen, Presiden diagendakan mengunjungi kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di wilayah Kabupaten Batang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement