Jumat 06 Jan 2017 01:40 WIB

Kemenkeu Bantu Korban Gempa Pidie Jaya Rp 3,3 Miliar

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani bersama Plt. Gubernur Aceh, Soedarmo (kanan) berbincang usai memberikan kuliah umum dengan tema ” Peran Fiskal Dalam Membangun Perekonomian Inklusif di Gedung AAC Dayaan Dawood, Banda Aceh, Kamis. (5/1)
Foto: Humas Pemprov Aceh/Zulkarnain
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani bersama Plt. Gubernur Aceh, Soedarmo (kanan) berbincang usai memberikan kuliah umum dengan tema ” Peran Fiskal Dalam Membangun Perekonomian Inklusif di Gedung AAC Dayaan Dawood, Banda Aceh, Kamis. (5/1)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Keluarga Besar Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui program Kementerian Keuangan Peduli Pidie Jaya mengumpulkan dana mencapai Rp 3,3 miliar guna membantu masyarakat Pidie Jaya yang menjadi korban gempa berkekuatan 6,5 SR pada 7 Desember 2016.

"Bantuan kemanusian yang kami salurkan ini merupakan sumbangan dari pegawai Kementerian Keuangan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika menyerahkan bantuan secara simbolis di Gampong (Desa) Pangwa, Pidie Jaya, Kamis (5/1).

Ia menjelaskan bantuan kemanusiaan yang diperoleh dari sumbangan pengawai Kementerian Keuangan dari tingkat pusat dan kantor wilayah di seluruh Indonesia itu hingga 5 Januari 2017 terkumpul sebesar Rp 3.390.151.746. "Bantuan yang terkumpul tersebut akan disalurkan dalam bentuk bantuan logistik dan rekonstruksi insfrastruktur pendidikan dan sarana ibadah di Pidie Jaya," katanya.

Dalam kunjungan ke Pidie Jaya tersebut, Sri Mulyani yang mengenakan jilbab berwarna cokelat itu menyerahkan bantuan logistik secara simbolis, melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan kembali delapan unit ruang kelas di SMP Negeri 2 Meureudu, Pidie Jaya yang rusak akibat gempa dan bangunan serbaguna/masjid sementara yang dibangun di Gampong Mesjid, Kecamatan Panteraja.

Sri Mulyani menyebutkan dana yang terkumpul tersebut selain digunakan untuk beberapa kegiatan yang diserahkan secara simbolis tersebut, juga akan dilanjutkan untuk pembangunan bangunan serbaguna/masjid darurat di lima lokasi, masing-masing Gampong Nanghroe Barat Kecamatan Ulim dan Gampong Meue Kecamatan Trieng Gadeng.

Selanjutnya, Gampong Meunasah Reieng Krueng, Kecamatan Trieng Gadeng, Gampong Manyang Lancok, Kecamatan Meureudu dan Gampong Kuta Batee, Kecamatan Trieng Gadeng serta rehabilitasi masjid di Gampong Meunasah Bie, Kecamatan Meurah Dua.

Pihaknya berharap bantuan kemanusiaan dari keluarga besar Kementerian Keuangan tersebut dapat meringankan beban dan mendukung upaya pemerintah setempat untuk mengembalikan infrastruktur dan pelayanan kepada masyarakat Pidie Jaya.

Dalam kunjungan ke Pidie Jaya, Menteri Keuangan Sri Mulyani turut didampingi Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas dan Wakil Bupati Said Mulyadi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement