Selasa 20 Dec 2016 23:16 WIB

Purwakarta Luncurkan Galeri UMKM

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Produk kerajinan UMKM.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Produk kerajinan UMKM. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta, meluncurkan Galeri Menong yang terletak di Jl Veteran. Galeri ini, merupakan outlet bagi produk-produk pelaku UMKM. Dengan adanya galeri ini, diharapkan geliat ekonomi kreatif kerakyatan semakin meningkat lagi.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan, saat ini Purwakarta memiliki pusat oleh-oleh produk khas wilayah ini. Di galeri ini, sejumpah produk-produk unggulan hasil UMKM dipajangkan. Seperti, simping, semprong, keripik pisang, keripik singkong, serta hasil handycraft.

"Di sini juga ada menong, batik khas Purwakarta, serta keramik," ujar Anne, kepada Republika.co.id, Selasa (20/12).

Menurut Anne, selama ini potensi produk pelaku UMKM ini sangat tinggi. Akan tetapi, mereka kesulitan dalam memasarkannya. Karena itu, pemkab berupaya memfasilitasinya. Dengan membangun galeri khusus ini.

Dengan begitu, wisatawan yang berdatangan ke Purwakarta, bisa membeli cinderamata di tempat ini. Apalagi, produk yang ditawarkan sangaty bervariasi. Dari mulai cemilan ringan (kuliner) sampai non-kuliner.

"Kami juga punya batik khas, dengan motif seperti air terjun, Waduk Jatiluhur dan Gunung Parang," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Purwakarta Dadan Koswara, mengatakan, saat ini pemkab sedang menggenjot sektor pariwisata. Makanya, ruang publik terus ditambah. Seperti, Taman Air Mancur Sri Baduga, yang merupakan terbesar se-Asia Tenggara. Kemudian, menata objek-objek pariwisata yang cukup potensial.

"Saat ini ada Galeri Menong, makanya fasilitas ini akan bersinergi dengan penataan sektor kepariwisataan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement