Senin 21 Nov 2016 08:37 WIB

Ini Kontribusi Indonesia untuk Kerja Sama APEC

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nur Aini
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito

REPUBLIKA.CO.ID,LIMA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu pencapaian penting Bogor Goals. Bogor Goals merupakan komitmen perdagangan bebas dan terbuka untuk memperkuat intergrasi ekonomi di kawasan yang dicanangkan pada 1994, saat Indonesia menjadi Ketua APEC.

"APEC meyakini sumber daya manusia berkualitas yang terbentuk melalui pendidikan dan pelatihan, akan berdampak positif terhadap proses inovasi, serta pertumbuhan ekonomi dan sosial," ujar Enggartiasto, dalam sesi 4 APEC Ministrial Meeting AMM, Sabtu (18/11), di Lima, Peru.

Menurutnya, Indonesia senantiasa berkontribusi aktif dalam memajukan kerja sama APEC di bidang pengembangan sumber daya manusia. Kontribusi Indonesia antara lain dalam sharing best practices di bidang promosi ketenagakerjaan dan kewirausahaan, melakukan mobilitas pekerja antarnegara di kawasan, menyediakan kesempatan kerja sama dengan pihak swasta, serta membuka akses pendidikan.

Enggartiasto juga menggarisbawahi pentingnya mempertahankan kawasan APEC yang terbuka dan dinamis. Hal itu akan memberikan ruang bagi peningkatan ekspor dan pembangunan nasional.

Ia menekankan, pencapaian Bogor Goals dapat mencakup upaya untuk mengatasi pengembangan SDM yang terpisah-pisah. Dalam konteks ini, Enggartiasto menegaskan komitmen Indonesia untuk terus mempromosikan perdagangan produk yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif melalui pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement