Sabtu 19 Nov 2016 08:45 WIB

Optimisme Pasar Dorong Harga Minyak Lebih Tinggi

Ilustrasi harga minyak mentah dunia.
Foto: EPA/Mark
Ilustrasi harga minyak mentah dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Harga minyak dunia naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), meskipun dolar AS menguat dan jumlah rig AS meningkat karena pasar optimistis kesepakatan pemangkasan produksi minyak akan tercapai pada akhir bulan ini.

Menteri Energi Qatar Mohammed Al-Sada mengatakan Jumat (18/11), pertemuan informal antara beberapa anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia berjalan dengan baik, dan OPEC bergerak lebih dekat ke kesepakatan.

Berita tersebut mendongkrak kepercayaan pasar OPEC akan dapat menyelesaikan kesepakatan pengurangan produksi minyak, yang pertama sejak 2008.

Namun, harga minyak tertekan selama perdagangan "intraday" oleh dolar AS yang kuat dan AS peningkatan jumlah rig. Dolar membukukan kenaikan dua pekan terbesar dalam 20 bulan pada Jumat.

Penguatan dolar AS membuat minyak mentah yang dihargakan dalam dolar lebih mahal dan kurang menarik bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya. Sementara itu, perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes melaporkan pada Jumat, jumlah rig yang diklasifikasikan sebagai pengeboran minyak naik 19 rig menjadi 471 pekan ini, kenaikan mingguan terbesar sejak pemulihan dimulai pada akhir Juni.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember naik 0,27 dolar AS menjadi menetap di 45,69 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari naik 0,37 dolar AS menjadi ditutup pada 46,86 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement