Jumat 18 Nov 2016 15:36 WIB

Gubernur BI Minta Masyarakat tak Terpengaruh Isu Rush

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan masyarakat jangan terpengaruh isu penarikan uang secara massal (rush). Ia menegaskan tak ada dasar bagi masyarakat untuk melakukan penarikan uang secara massal.

"Sistem keuangan, sitem perbankan sehat, jadi tidak ada dasar untuk ada kegiatan yang disebut rush," kata Agus Marto usai acara peluncuran Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/11).

Dia juga mengimbau masyarakat dan media massa untuk tidak terpengaruh isu rush karena keadaan ekonomi Indonesia dalam keadaan baik dan stabil. "Mohon jangan memberitakan yang membikin masyarakat menjadi tidak tenang. Kami ingin menyampaikan bahwa dengan otoritas yang lain, kita pastikan kondisi stabilitas ekonomi Indonesia terjaga baik," tegas Agus Marto.

Gubernur BI ini mengungkapkan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen di saat negara lain di bawah itu. Sedangkan inflasi dikisaran 3 persen, transaksi berjalan dan neraca pembayaran juga berjalan baik.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengimbau masyarakat tidak termakan isu rush karena kondisi perekonomian Indonesia dalam keadaan baik. "Jangan terlalu sensitif terhadap isu macam-macam. Nggak ada alasan untuk terjadi rush. Kalau ada yang hembuskan itu dalam situasi seperti ini normal saja," kata Darmin.

Dia mengatakan pemerintah beserta otoritas lainnya tengah menjaga ekonomi dari berbagai faktor dan meminta masyarakat menjaga situasi agar kondusif. "Yang paling penting dari kita jaga ekonomi. Kalau kita jaga dengan baik, kalau ada goncangan, kita nggak bilang nggak mungkin ada goncangan, tapi dalam goncangan kalau kita jaga baik, ekonomi kita bisa bertahan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement