Rabu 16 Nov 2016 16:14 WIB

Kereta Api Yogya-Magelang Diusulkan Jadi Proyek Strategis Nasional

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nur Aini
Ilustrasi rel kereta api.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi rel kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ‎ Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub tengah melakukan sejumlah kajian untuk memasukkan beberapa program menjadi proyek strategis nasional. Proyek yang diajukan dianggap akan memberikan dampak besar pada pertumbuhan ekonomi.

"Proyek itu seperti proyek Kereta Api Yogya-Magelang," kata Budi ditemui dalam Rakernas Kadin, di Jakarta, Rabu (16/11).

Untuk Kereta Api Yogyakarta-Magelang, keberadaan jalur kereta api ini diproyeksi mampu meningkatkan pertumbuhan pariwisata antara kedua daerah. Magelang yang memiliki banyak lokasi pariwisata bisa lebih mudah diakses wisatawan yang datang dari Yogyakarta.  Sebab selama ini wisatawan masih banyak terpusat di Yogya yang merupakan kota pusat destinasi wisata‎. Jika transportasi kedua daerah ini bisa lebih mudah dengan adanya akses kereta api, ia mengatakan maka wisatawan bisa lebih mudah dan berlama-lama berada di kedua daerah pariwisata ini.

Selain Kereta Api Yogyakarta-Magelang, Kemenhub juga memasukkan beberapa program pembangunan kereta api lain seperti Jakarta-Surabaya, Surabaya-Malang, dan Samarinda-Balikpapan. Jumlah ini bisa bertambah karena Kemenhub masih menginventarisasi program yang mungkin masuk dalam proyek strategis nasional. "Semuanya sedang kita kaji dulu. Kalau sudah kita kaji baru kita ajukan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement