Senin 14 Nov 2016 18:04 WIB

Konstruksi Pembangunan Kereta Bandara Mulai Bulan Depan

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nur Aini
 Petugas tengah mengecek jalur kereta di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten, Senin (1/2).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Petugas tengah mengecek jalur kereta di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten, Senin (1/2).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan konstruksi pembangunan kereta menuju Bandara Soekarno Hatta akan dimulai Desember ini. Persoalan yang menghambat selama ini yaitu pembebasan lahan sudah bisa diselesaikan.

Edi mengatakan pembebasan lahan memang menjadi salah satu persoalan dalam pembangunan jalur kereta baru ataupun pembangunan jalan tol. Namun, menurutnya hal tersebut sudah selesai dan konstruksi bisa segera dimulai.

"Pak Presiden sudah minta agar Desember selesai. Tapi feeling saya, sebelum Desember juga sudah selesai. Jadi, konstruksi bisa dikebut," ujar Edi di Jakarta Railways Centre, Jakarta, Senin (14/11).

Namun, Edi mengatakan untuk pembangunan stasiun sudah hampir selesai. Kereta bandara ditarget bisa beroperasi Agustus 2017 mendatang. Ia mengatakan nantinya kereta bandara tersebut akan dioperasikan langsung oleh PT KAI.

Meski demikian, PT KAI masih mengkaji stasiun yang bisa dijadikan tempat tujuan. Ada dua pilihan stasiun yaitu Jakarta Kota dan Stasiun Manggarai. "Rencana dari Manggarai dan Jakarta Kota. Tapi Jakarta Kota ini masih dikaji, rencana awal untuk keberangkatan awal," ujar Edi.

Untuk tarif, Edi mengatakan masih dalam tahap reevaluasi. Tarif akan disesuaikan dengan jumlah biaya operasional dan margin dari semua hitungan biaya. Ia mengatakan untuk tarif masih belum bisa ditentukan.

"Ada gambarannya tapi kita sedang reevaluasi, karena ternyata ini ada pembebasan tanah yang tak ideal, awalnya dibayangkan seperti ini tapi ternyata tidak, ternyata relnya begini ada yang pembebasan jadi beda lagi. Jadi, kita hitung lagi," ujar Edi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement