Jumat 30 Sep 2016 14:30 WIB

Gandeng Startup Lokal, BRI Bangun Layanan Finansial Digital

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nidia Zuraya
Layanan keuangan digital
Foto: depositphotos.com
Layanan keuangan digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ‎PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BRI) mendukung para penggiat usaha rintisan (startup) tanah air untuk berinovasi memecahkan berbagai macam permasalahan layanan keuangan melalui solusi digital.

Dukungan nyata BRI tersebut dilakukan melalui event yang bertajuk BRI Digital Challenge, sebuah ajang adu kreativitas teknologi informasi dalam menciptakan aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan keuangan, khususnya para pelaku UMKM.

Corporate Secretary BRI, Hari Siaga Amijarso mengatakan, ‎saat ini banyak hal kecil yang dapat dioptimalkan menggunakan teknologi urusan pembayaran yang menggunakan sistem cashless banking yang kini bisa dirasakan dari perkotaan sampai ke pelosok. Sistem ini merupakan hasil dari pemanfaatan teknologi secara tepat.

Melihat potensi ini, BRI ingin memanfaatkan BRI Digital Challenge untuk mendongkrak kreatifitas untuk meningkatkan produktifitas, efiesiensi sekaligus kualitas hidup masyarakat dengan menciptakan teknologi aplikasi yang bermanfaat.

Hari menjelaskan,‎ BRI Digital Challenge adalah salah satu kegiatan BRI yang digelar untuk ikut membangun ekosistem perekonomian digital di Indonesia. BRI yakin dengan merangkul komunitas technopreneur, maka makin banyak yang semakin peduli dengan pengembangan teknologi untuk layanan finansial di Indonesia.

"Apalagi, Indonesia masih memiliki tantangan untuk membangun layanan keuangan inklusif di mana baru 36 persen dari total penduduk dewasa (usia di atas 15 tahun) yang memiliki rekening bank dari data Global Findex 2014. Teknologi inilah yang diharap bisa mengakselerasi penetrasi layanan finansial,” papar Hari melalui siaran pers, Jumat (30/9).

Selain BRI Digital Challenge, BRI juga terus mengembangkan berbagai inovasi perbankan digital bagi masyarakat yang ada di perkotaan sampai di pedesaan. Outlet  BRI Digital hadir di Terminal tiga Bandara Soekarno Hatta dengan layanan one-stop-self-service banking dengan teknologi terkini. Selain itu BRI juga mendukung digitalisasi pedagang pasar tradisional dengan e-Pasar dan juga e-UMKM Interactive.

Teknologi akan menjadi kunci dalam pelayanan masyarakat yang semakin terkoneksi. Karena itu, BRI terus menciptakan inovasi untuk meningkatkan layanan perbankan bagi masyarakat di era digital dan pada akhirnya ikut membangun perekonomian digital di Indonesia.

"Untuk itu, BRI tidak berjalan sendiri, kami bekerja sama dengan berbagai pihak dan juga kaum muda technopreneur, seperti dalam BRI Digital Challenge ini. Dengan berkolaborasi, iklim perkembangan teknologi di Indonesia akan berkesinambungan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement