Selasa 06 Sep 2016 13:37 WIB

Alfamart dan YRKI Bangun Jembatan di Lebak

Alfamart
Foto: Dok: Alfamart
Alfamart

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Alfamart bekerja sama dengan Yayasan Relawan Kampung Indonesia (YRKI) berhasil merampungkan pembangunan jembatan gelagar besi sepanjang 15 meter di Kampung Peujeuh, Desa Cireuji, Kabupaten Lebak, Banten. Dana yang diperoleh bersumber dari hasil donasi konsumen Alfamart, dari hasil penyisihan uang kembalian saat berbelanja di toko Alfamart atau Alfamidi.

Jembatan Alfamart yang menghubungkan Desa Cireuji dan Desa Keusik diresmikan langsung Gubernur Banten Rano Karno dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Senin (5/9). Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Solihin mengatakan dana yang terhimpun selama periode 16 Juni sampai 15 Juli 2014 inicdisalurkan untuk membangun fasilitas jembatan di pedesaan. Solihin menuturkan sebagai toko komunitas yang kehadirannya ingin memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Perusahaan juga mengajak komunitas sekitar toko, khususnya konsumen, untuk ikut berpartisipasi dalam membantu sesama.

"Prinsipnya, dari masyarakat dan untuk masyarakat. Semakin banyak yang membantu, semakin banyak juga yang bisa terbantu. Secara nasional, sebanyak 23 jembatan sudah selesai dibangun di berbagai wilayah di Indonesia. Sementara di Majalengka, Subang, Yogyakarta, dan Malang masih dalam tahap pembangunan," ujarnya.

Pembangunan jembatan ini, sambungnya, diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan serta menghapus kesenjangan yang ada. Adanya jembatan penghubung, bisa membantu membuka akses perekonomian bagi para pedagang lokal serta memberi kemudahan bagi anak-anak untuk mengenyam pendidikan di daerah yang lebih maju.

Salah satu warga asli Desa Cireuji, Rizki (32) mengatakan awalnya, jembatan tersebut hanya terbuat dari kayu, sebelum kemudian runtuh diterjang banjir pada 2013. Semenjak itu, warga mengandalkan jalan lain yang jaraknya lebih jauh untuk bisa keluar masuk desa. Pembangunan jembatan ini berlangsung cepat berkat dukungan warga setempat, proses pengerjaannya hanya membutuhkan waktu 80 hari.

Selain meresmikan pembangunan jembatan, dalam kesempatan tersebut, perusahaan juga kembali menyalurkan bantuan berupa 2.531 sepatu sekolah yang dialokasikan untuk 12 Sekolah Dasar, serta 200 paket sembako berisi beras, minyak goreng, mie instan, dan sarden untuk warga setempat melalui program 'Satu Hati Berbagi untuk Indonesia'.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement