Jumat 12 Aug 2016 16:22 WIB

Pembangunan Tol Batang-Semarang Ditargetkan Rampung Juli 2017

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nur Aini
Pembangunan jalan tol (ilustrasi).
Foto: Antara
Pembangunan jalan tol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) terus mengakselerasi pembangunan ruas Tol Batang-Semarang. Ruas tersebut ditargetkan dapat digunakan secara fungsional pada Juli 2017.

"Ruas tol ini nantinya akan tersambung dengan ruas tol Pejagan-Pemalang yang juga akan dapat dilalui penuh secara fungsional di Juli 2017," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpupera yang baru saja dilantik Endra S Atmawidjaja dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (12/8).

Ia menceritakan soal kunjungan Menpupera Basuki Hadimuljono ketika melakukan tinjauan pembangunan tol di Desa Pasekaran, Kecamatan Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/8).

Menteri Basuki, kata dia, tiba di ruas tol Batang-Semarang pada malam hari. Sebelumnya pada siang hari Menteri Basuki meninjau progres pembangunan tol Pejagan-Pemalang dan Penanganan Rob di Kabupaten Pekalongan.

Tol Batang-Semarang merupakan salah satu ruas tol Trans Jawa yang pembangunannya telah dimulai sejak Juni 2016 lalu. Untuk pembebasan lahan, kata dia, saat ini berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan kendala yang berarti. "Jadi seluruh kendala pembebasan lahan akan selesai pada Desember 2016 mendatang," ungkapnya.

Dari total panjang 75 kilometer, untuk Seksi I sepanjang empat kilometer pembebasan lahan sudah mencapai 100 persen. Sedangkan Seksi II sepanjang 36 kilometer, pembebasan lahannya sudah 50 persen.

Untuk Seksi III sepanjang 10 kilometer pembebasan lahan baru lima persen dan Seksi IV sepanjang 13,5 kilometer belum ada pembebasan masih kosong. “Untuk Seksi V sepanjang 10,9 kilometer sudah lumayan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement