Rabu 10 Aug 2016 23:05 WIB

JK Harap Geothermal Jadi Prioritas

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wakil Presiden, Jusuf Kalla
Foto: Setkab.go.id
Wakil Presiden, Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menekankan pentingnya pemanfaatan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi oleh masyarakat. Ia mengatakan, salah satu potensi energi terbarukan yang cukup besar yang dapat dimanfaatkan yakni energi geothermal.

"Bagi masyarakat negeri kita ini, kita ingin suatu negeri yang maju tapi bersih dan hidupnya lebih baik lagi. Oleh karena itu, saya mengharapkan geothermal menjadi bagian yang menjadi prioritas," kata JK dalam acara 'The 4th Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition 2016' di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/8).

JK mengatakan, potensi geothermal di Indonesia hampir mencapai 30 ribu megawatt. Namun sayangnya, saat ini Indonesia baru memanfaatkan sedikit dari potensi yang ada.

Tak hanya itu, pada 10 tahun mendatang pun Indonesia disebut harus memiliki 25 persen energi terbarukan. "Jadi pada 10 tahun yang akan datang komposisi prime energinya maksimum 50 persen coal PLTU, 25 persen gas, 25 persen renewable energi," kata JK.

Sehingga dengan komposisi tersebut, Indonesia dapat memiliki sumber energi yang berkelanjutan. Lebih lanjut, JK mengatakan, energi terbarukan menjadi pilihan prioritas  karena dinilai lebih sehat dan bersih dibandingkan energi fosil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement