Rabu 03 Aug 2016 10:06 WIB

Terminal 3 Ultimate Mulai Layani Penumpang 9 Agustus 2016

Rep: Sapto Andika Pratama/ Red: Nidia Zuraya
Pekerja menyelesaikan proses pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta
Foto: Republika/Hazliansyah
Pekerja menyelesaikan proses pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi pada 9 Agustus 2016 pukul 00.01 WIB. Tahap awal pengoperasian, maskapai nasional Garuda Indonesia akan mulai melayani penerbangan untuk seluruh rute domestik melalui terminal baru tersebut.

Pihak AP II menyebutkan keputusan pengoperasian Terminal 3 Ultimate ini sudah sejalan dengan surat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor AU.508/1/1/DRJU.DBU-2016, tanggal 2 Agustus 2016, perihal Pengoperasian Terminal 3 Ultimate. Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa setelah melalui proses verifikasi administrasi dan teknis serta evaluasi simulasi operasi pelayanan dan kesisteman, maka Terminal 3 Ultimate dinyatakan dapat dioperasikan.

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Agus Haryadi mengatakan, koordinasi secara berkelanjutan dengan seluruh pemangku kepentingan khususnya Garuda Indonesia dan Airnav Indonesia dilakukan untuk memastikan operasional Terminal 3 Ultimate berjalan lancar.  

Agus meyakini dioperasikannya Terminal 3 Ultimate ini mampu mendukung terminal eksisting yakni Terminal 1 dan 2 untuk mengakomodir pergerakan penumpang yang dinilai sudah melebihi kapasitas. 

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemenhub yang menyatakan Terminal 3 siap dioperasikan. Sejalan dengan hal tersebut, AP II menetapkan 9 Agustus sebagai tanggal dimulainya  operasional perluasan Terminal 3 Ultimate. Pada tahap awal, maskapai yang akan menggunakan Terminal 3 Ultimate hanya Garuda Indonesia," kata Agus melalui siaran persnya, Selasa (2/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement