Ahad 19 Jun 2016 07:50 WIB

BRISat Awali Era Baru Industri Perbankan

Satelit bernama BRISat ini meluncur menuju orbit geostasioner di slot 150,5° BT yang berada di atas langit Papua sejak Ahad (19/6).
Foto: Antara
Satelit bernama BRISat ini meluncur menuju orbit geostasioner di slot 150,5° BT yang berada di atas langit Papua sejak Ahad (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Asmawi Syam menyatakan peluncuran satelit milik perseroan BRIsat mengawali era baru industri perbankan, khususnya era industri perbankan digital.

"BRIsat membawa era baru dalam dunia perbankan, dan juga langkah awal dalam industri finansial secara global," katanya dalam sambutan pascapeluncuran BRIsat, yang disiarkan langsung oleh laman resmi perusahaan antariksa Arianespace, di Jakarta, Ahad (19/6).

Pernyataan Asmawi itu merujuk pada BRIsat, yang menurut Asmawi, merupakan satelit perbankan yang dimiliki dan dioperasikan pertama kali di dunia oleh perusahaan perbankan. Asmawi mengatakan BRIsat senilai Rp 3,375 triliun itu akan menjadi kebanggaan Indonesia, dan menjadi simbol sarana prasarana penting bagi BRI untuk memperluas layanan perbankan ke seluruh masyarakat dan wilayah kepulauan di Indonesia.

Direktur Konsumer BRI Sis Apik Wijayanto mengatakan BRIsat akan mempermudah bank dengan laba terbesar di Indonesia itu untuk mendiversifikasi produk perbankan, khususnya produk yang memerlukan teknologi mutakhir. BRIsat juga akan mempermudah BRI untuk mendorong finansial inklusi, yakni menyebarkan akses dan produk finansial ke seluruh masyarakat dan seluruh wilayah.

Selain itu, kata Sis, BRIsat akan meningkatkan efisiensi BRI dengan estimasi penurunan 40 persen dari total biaya operasional penyewaan satelit. Sebelum ada BRIsat, BRI merogoh kocek Rp 500 miliar per tahun untuk menyewa satelit.

"Percepat unit kerja baru BRI karena otomatis pengendalian satelit ada dibawah BRI, tidak tergantung perusahaan lain," ujarnya.

Dalam pengoperasian BRIsat, BRI mengerahkan 53 teknisinya yang sudah dilatih di perusahaan manufaktur satelit, Space System Lorel, Amerika Serikat. Merujuk data yang dilansir Arianespace, setelah beroperasi, BRIsat akan menyediakan teknologi untuk kegiatan perbankan yang diperlukan lebih dari 10.600 kantor cabang BRI, 236 ribu gerai jaringan elektronik dan 53 juta nasabah BRI.

(Baca Juga: Perjalanan BRI Hingga Akhirnya Meluncurkan Satelit ke Orbit)

BRIsat akhirnya resmi meluncur ke orbit pada Ahad pagi ini pukul 04.39 WIB, atau Sabtu (18/6) pukul 17.30 WIB waktu Kourou, French Guyana, Amerika Selatan. BRIsat dibawa roket peluncur Ariane 5 dari Bandar Antariksa Guyana di Kourou.

BRIsat menurut rencana BRI akan mengorbit di atas Pulau Papua, Indonesia. Orbit tujuannya adalah Geostationary dengan titik koordinat 150.5 derajat Lintang Timur.

Setelah menemukan orbit, dan penyerahan resmi dari SSL ke BRI, BRIsat akan efektif beroperasi memfasilitasi layanan perbankan dengan estimasti waktu 50 hari pascapeluncuran, atau pada pekan kedua Agustus 2016, menurut Asmawi Syam sebelumnya.

BRIsat sebelumnya sempat mengalami tiga kali penundaan peluncuran karena kerusakan teknis pada roket peluncur dan gangguan cuaca.

(Baca Juga: BRISat Berhasil Diluncurkan)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement