Ahad 19 Jun 2016 07:07 WIB

Space System Loral Bangga Bisa Turun Bangun BRISat

Rep: Kabul Astuti/ Red: Indira Rezkisari
Satelit bernama BRISat ini meluncur menuju orbit geostasioner di slot 150,5° BT yang berada di atas langit Papua sejak Ahad (19/6).
Foto: Antara
Satelit bernama BRISat ini meluncur menuju orbit geostasioner di slot 150,5° BT yang berada di atas langit Papua sejak Ahad (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KOUROU -- Peluncuran Satelit BRIsat milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)  berlangsung sukses di Kourou, Guyana Prancis, Ahad (19/6) dini hari tadi. BRIsat adalah satelit komunikasi pertama dan satu-satunya di dunia yang diluncurkan untuk melayani sebuah lembaga keuangan.

BRIsat diposisikan pada 150,5 derajat bujur timur. Satelit ini memungkinkan BRI untuk memberikan peningkatan komunikasi perbankan yang aman di lebih dari 10.600 cabang operasional, 236939 saluran outlet elektronik, dan hampir 53 juta pelanggan di seluruh kepulauan Indonesia. Peluncuran dilakukan oleh Arianespace.

"Ini telah menjadi sebuah kehormatan untuk bekerja dengan bank BRI untuk membangun satelit yang akan membantu meningkatkan kehidupan di Indonesia dengan memperluas ketersediaan layanan perbankan," kata Presiden Space Systems Loral (SSL), John Celli, dilansir dari Nasa Space Flight, Ahad (19/6).

John Celli menyatakan, pihaknya bersyukur satelit dapat diluncurkan dini hari tadi sesuai jadwal. Satelit ini dirancang untuk menyediakan layanan selama 15 tahun atau lebih. SSL juga mendukung BRI dengan dua fasilitas kontrol satelit, pelatihan, dan layanan dukungan peluncuran.

"SSL telah menjadi mitra profesional dan andal dalam desain dan pembuatan satelit kami," kata CEO BRI, Asmawi Syam Syamsudin. Asmawi melanjutkan, satelit ini diluncurkan untuk membantu BRI meningkatkan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement