Rabu 15 Jun 2016 20:12 WIB

Bank BJB Tambah Pasokan Uang Lebaran 8 Persen

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nur Aini
Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan memberikan paparan saat buka puasa bersama Bank BJB di Jakara, Rabu (15/6). (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan memberikan paparan saat buka puasa bersama Bank BJB di Jakara, Rabu (15/6). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bank Pembangunan Daerah Bank Jabar Banten (BJB) menyiapkan dana masyarakat di bulan suci Ramadhan dan Lebaran 2016 sebesar Rp 6,7 triliun. Jumlah tersebut meningkat delapan persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 62 persen akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek dan Bandung serta sejumlah kota tujuan mudik seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Semarang, Serang, Surabaya, dan Surakarta.

"Bank Indonesia juga menyiapkan uang kartal pada Ramadhan senilai Rp 16,47 triliun atau naik sebesar 14,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 14,44 triliun," kata Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan kepada wartawan, Rabu (15/6). Peningkatan tersebut dipicu oleh peningkatan kebutuhan untuk pembayaran gaji karyawan ke-13 PNS dan THR untuk karyawan.

Bank menyediakan pelayanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BJB di sejumlah kantor cabang di luar jawa seperti Kepulauan Riau, Pulau Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Selain pasokan uang, BI juga akan menggandeng beberapa bank termasuk Bank BJB dalam menyiapkan layanan penukaran uang pecahan kecil (UPK) melalui mobil layanan kas yang dilaksanakan mulai 13-24 Juni 2016. Untuk wilayah Jakarta, layanan dilaksanakan di Lapangan IRT Monas.

Sedangkan untuk wilayah Bandung dan sekitarnya dimulai pada 20-30 Juni 2016, dilaksanakan di sejumlah tempat seperti Lapangan Gasibu dan Tegallega serta Alun-Alun Kota Bandung, Ujungberung, dan Cimahi. Penukaran UPK juga rilakukan melalui mobil layanan khas di sejumlah kantor cabang bank BJB se-Indonesia.

"Bank BJB juga membuka layanan weekend banking yang beroperasi pada 2-3 Juli 2016 serta 9-10 Juli 2016," ujarnya. Bank juga memberikan layanan nonoperasional kantor dengan e-channel seperti ATM 24 jam, internet banking dan SMS Banking.

Senior Vice President Divisi Corporate Secretary BJB Hakim Putratama menyebutkan, layanan menjelang libur Lebaran didukung oleh jaringan 1.202 ATM. "Kita punya ATM tersebat di seluruh wilayah strategis Indonesia, jaringan ATM Bersama dan Jaringan PRIMA tersebar jumlahnya mencapai puluhan ribu," katanya.

Selain penarikan uang thnai, seluruh layanan perbankan 24 jam BJB menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah berinteraksi dengan nyaman dan aman. Bentuknya berupa informasi rekening, transfer, pembayaran air, telepon, kartu kredit, televisi berlangganan, internet, isi ulang pulsa dan layanan perbankan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement