Sabtu 11 Jun 2016 06:43 WIB

Saran Menkop UKM untuk Memotong Rantai Pasokan Pangan di Indonesia

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nidia Zuraya
Kebutuhan pokok (ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Kebutuhan pokok (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM AAGN Puspayoga menekankan pentingnya peran koperasi pasar dalam memotong rantai pasok pangan. Seperti diketahui, masalah lonjakan harga pangan di Ramadhan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah.

"Perlu dibangun sistem sebuah sistem yang permanen untuk memangkas rantai pasokan pangan, sehingga stabilitas harga di pasaran bisa wujudkan," kata dia, Jumat (10/6).

Koperasi pasar, lanjut dia, sudah sangat berpengalaman dan memahami situasi pasar yang sebenarnya. Keberadaan mereka tinggal dimanfaatkan untuk menstabilkan harga pangan ini. Koperasi pasar siap untuk itu.

Rakor ini fokus membahas pengamanan pasokan serta stabilisasi harga pangan, upaya jangka mengengah dan panjang dalam rangka memperpendek rantai pasok serta menyusun konsep struktur baru pasar pangan. 

Upaya ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan pasar dan harga layak bagi petani, konsumen menikmati pangan murah, serta pelaku usaha dan pedagang menikmati keuntungan normal pada tingkat wajar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement