Selasa 07 Jun 2016 18:44 WIB

Mendag Janjikan Dua Minggu Lagi Harga Daging Sapi Turun

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Nur Aini
 Pedagang memotong daging sapi di Pasar Senen Jakarta Pusat, Selasa (7/6). (Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pedagang memotong daging sapi di Pasar Senen Jakarta Pusat, Selasa (7/6). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga daging sapi masih tinggi meskipun pemerintah sudah melakukan impor daging sapi beku. Namun, pemerintah yakin harga daging bisa turun dalam dua pekan ke depan.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, langkah impor puluhan ribu ton daging sapi beku dilakukan untuk menekan harga. Hanya saja, kata Thomas, rencana impor daging beku belum semuanya terealisasi.

Thomas mengatakan, kuota impor 10 ribu ton daging sapi yang diberikan kepada Bulog baru terealisasi 1.800 ton. Kemudian penugasan kepada PT Berdikari dengan jumlah 5.000 ton baru saja dimulai prosesnya. Sedangkan impor dari pihak swasta juga sedang dilakukan prosesnya.

"Saya akui bahwa impor daging yang masuk jumlahnya baru ribuan ton. Tapi saya yakin dalam dua minggu ini ada akselerasi sehingga bisa menekan harga," kata Thomas di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (7/6).

Meski begitu, Thomas tidak berani memastikan apakah harga daging sapi bisa turun menjadi Rp 80 ribu per kg sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo.

"Kami hanya bisa melakukan apa yang bisa kami lakukan, yakni menambah pasokan," kata Thomas.

Baca juga: Harga Daging Sapi di Bekasi Sentuh Rp 130 Ribu per Kg

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement