Jumat 20 May 2016 14:54 WIB

Indonesia-Vietnam Target Kerja Sama Perdagangan 10 Miliar Dolar AS

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Nur Aini
Bendera Vietnam (ilustrasi)
Foto: wikispaces.com
Bendera Vietnam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dan Vietnam sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan. Komitmen peningkatan kerja sama tersebut disepakati dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Berdasarkan siaran pers Tim Komunikasi Presiden, pertemuan Jokowi dengan Nguyen Xuan Phuc dilakukan pada sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean-Rusia di Hotel Radison Blu, Sochi, Kamis (19/5).

Pada pertemuan ini, kedua negara menargetkan nilai kerja sama perdagangan pada 2018 mencapai 10 miliar dolar AS.  “Tahun 2015 perdagangan kita mencapai 5,59 miliar dolar AS dengan tren dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan 6,47 persen”, ujar Jokowi.

Vietnam, kata Jokowi, merupakan mitra penting Indonesia di Asia Tenggara, khususnya untuk beras. Peringkat positif hubungan ekonomi kedua negara terjadi setelah disepakatinya hubungan kemitraan strategis RI-Vietnam ada bulan Juni 2013. Sebelumnya, Indonesia dan Vietnam telah berhasil melampaui target perdagangan sebesar 5 miliar dolar AS pada 2013.

 

Selain di bidang perdagangan, kedua kepala pemerintahan ini juga menyambut baik hasil pertemuan teknis ke-8 delimitasi batas Zona  Ekonomi Ekslusif pada 22-24 Maret 2016 serta terus mendorong kelanjutan negosiasi batas maritim Indonesia-Vietnam.‎

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement