Senin 16 May 2016 15:00 WIB

FSRU Lampung Perkuat Produksi Gas Dalam Negeri

FSRU Lampung.
Foto: PGN
FSRU Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Gas Negara (PGN) akan memaksimalkan keberadaan Floting Storage and Regasification (FSRU) Lampung untuk memperkuat pasokan gas bumi ke pengguna gas di dalam negeri. Direktur PGN Danny Praditya menuturkan keberadaan FSRU ini untuk mendukung penyerapan produksi gas dan mengurangi impor gas bumi Indonesia.

Mulai pekan depan, FSRU Lampung akan menerima kargo LNG ketiga dari Kilang Tangguh. Hingga saat ini PGN telah menyalurkan gas bumi ke berbagai wilayah di Indonesia. Pelanggan PGN tersebar mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

Gas bumi PGN saat ini mengalir ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

"PGN akan terus membangun jaringan infrastruktur gas bumi, agar produksi gas nasional yang cukup besar mampu terserap lebih banyak ke dalam negeri," kata Danny.

Infrastruktur pipa gas bumi yang dibangun dan dioperasikan PGN hingga saat ini mencapai lebih dari 7.000 km. Jumlah tersebut setara dengan 76 persen total pipa gas hilir yang ada di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement