Ahad 08 May 2016 07:39 WIB

Batik Pekalongan Diyakini Bisa Merebut Pasar ASEAN

Red: Nur Aini
Batik Pekalongan
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Batik Pekalongan

REPUBLIKA.CO.ID,PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, optimistis produk kerajinan batik akan mampu bersaing dan merebut pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN. "Batik dan produk turunannya merupakan hasil dari proses kreatif sehingga kerajinan ini tidak mudah dikompetisikan dengan negara lain," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Pekalongan Supriono di Pekalongan, Sabtu (7/5).

Menurut dia, produk dari Kota Pekalongan yang didominasi oleh kerajinan batik dan turunannya ini adalah melalui proses kreatif sehingga tidak mudah ditiru oleh negara lainnya.

"Oleh karena kami optimistis produk kerajinan batik akan mampu menguasai pasar MEA. Kami juga berharap perajin batik agar selalu inovatif dan kreatif dalam memproses produksinya," katanya.

Ketua Serikat Batik Pasir Sari Kota Pekalongan, Sodikin mengatakan pengusaha atau perajin batik harus jeli menggali informasi tentang produk yang dihasilkan oleh negara lain.

"Selain mencermati pangsa pasar, kami minta pengusaha atau perajin batik harus melakukan inovasi dan kreativitas agar produksi yang dihasilkan tetap diminati konsumen," katanya.

Menurut dia, pemberlakuan MEA harus dihadapi oleh perajin batik dan tidak dijadikan momok yang bisa mengendurkan semangat untuk menghasilkan produksi. "MEA merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh perajin batik. Oleh karena, kami meminta pada mereka harus kreatif dan inovatif agar produksi yang dihasilkan tidak kalah bersaing dengan negara lain," katanya.

Ia menambahkan selama ini kerajinan batik sudah relatif terkenal di pasar domestik maupun mancanegara sehingga pemberlakuan MEA tidak akan berpengaruh besar terhadap pasaran kerajinan batik jika perajin melakukan inovasi dan kreatif.

Baca juga: Festival Budaya Osing Suguhkan Tradisi Membuat Gula Aren

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement