Ahad 27 Mar 2016 22:06 WIB

Upah Minimum Pekerja Kalifornia Bakal Jadi Tertinggi di AS

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Konsumen berjalan melewati kardus produk Coca Cola di Palo Alto, California.
Foto: Paul Sakuma/AP
Konsumen berjalan melewati kardus produk Coca Cola di Palo Alto, California.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Legislator dan persatuan buruh Kalifornia sepakat meningkatkan upah minimum pekerja jadi 15 dolar AS per jam, Sabtu (26/3). Kesepakatan tersebut masih bersifat tentatif dan membutuhkan pemungutan suara.

Namun jika terealisasi, maka Kalifornia akan jadi negara bagian dengan upah minimun tertinggi di AS. Sebelumnya, upah minimum Kalifornia mencapai 10 dolar AS per jam. Senator Mark Leno dari D-San Francisco menegaskan kesepakatan tersebut belum final.

"Ini adalah isu yang saya perjuangkan selama bertahun-tahun, gubernur dan pemangku kepentingan telah bernegosiasi," kata Leno pada AP. Ia tidak menjelaskan lebih jauh soal kesepakatan, namun sebagian besar soal kenaikan satu dolar per tahun hingga mencapai 15 dolar AS per jam.

Menurut Los Angeles Times, upah minimum akan naik jadi 10,50 dolar AS pada 2017, 11 dolar AS per jam pada 2018 hingga 15 dolar AS per jam pada 2022. Dengan 10 dolar AS saja, Kalifornia sudah jadi salah satu negara bagian dengan upah minimum tertinggi dengan Massachusetts. Washington menjadi negara tertinggi dengan 10,50 dolar AS per jam.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: Pendiri Toyota Tutup Usia

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement