Selasa 22 Mar 2016 06:55 WIB

Gojek: Aplikasi Ojek Online Merupakan Kemajuan UMKM Indonesia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Layanan ojek berbasis aplikasi, Gojek (ilustrasi).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Layanan ojek berbasis aplikasi, Gojek (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Co-Founder Gojek Kevin Aluwi menyebut terobosan aplikasi ojek online merupakan kemajuan dalam bidang Usaha Mandiri Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Aplikasi Gojek, kata Kevin, bertujuan memajukan umkm yang produktifitasnya masih rendah melalui bantuan teknologi aplikasi.

"Ini tujuan gojek yaitu meralisasikan potensi umkm yang dibilang besar tapi memiliki kemajuan yang minim," katanya dalam acara penganugerahan Tokoh Perubahan Republika 2015 di Jakarta, Senin (21/3) malam.

Kevin menyebut kehadiran aplikasi Gojek meningkatkan tingkat ekonomi sopir mereka. Kehadiran aplikasi ini, sambung dia, sudah membantu sekitar 200 ribu sopir ojek online di seluruh Indonesia.

Dia mencontohkan, adanya cerita sopir yang berpendapatan pas-pasan atau bahkan berutang bisa merubah nasib mereka dengan cukup penghasilan hingga mampu menabung dan berpergian umrah. Atau, ungkap dia, cerita dari rekan kerja Gojek seperiti kios martabak atau pisang dimana pendapatan mereka naik drastis karena adanya aplikasi layanan Go Food.

"Jadi kami percaya kemajuan Indonesia bisa terjadi dengan cepat lewat karya digital anak bangsa yang luar biasa," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement