Rabu 02 Mar 2016 22:28 WIB

Pupuk Kujang Naikkan Dana CSR

Rep: Agus Yulianto / Red: Djibril Muhammad
Some men operate cement bagging machine in PT Pupuk Kujang in Karawang, West Java. Government  uarantees gas supply for PT Petrokimia resik (Petrogas) and PT Pupuk Kujang as part of fertilizer revitalization. (file photo)
Foto: Antara/M Ali Khumaini
Some men operate cement bagging machine in PT Pupuk Kujang in Karawang, West Java. Government uarantees gas supply for PT Petrokimia resik (Petrogas) and PT Pupuk Kujang as part of fertilizer revitalization. (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Pupuk Kujang menaikkan alokasi dana corporate social responsibility (CSR) hingga mencapai hampir 50 persen. Peningkatan alokasi ini dilakukan sebagai bagian dari program keberlanjutan (suistainibility) CSR yang sudah dilakukan sekaligus untuk menambah program dan lokasi pelaksanaan CSR yang baru.

"Untuk 2016 kami alokasikan Rp 3,6 miliar. Sebelumnya hanya Rp 2,8 miliar," kata Direktur SDM dan Umum, Indra Armansyah didampingi Sekertaris Perusahaan, Iyus Rusmana usai menerima penghargaan CSR dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Rabu (2/3).

Menurut Indra, selama 2015, Pupuk Kujang menyalurkan dana CSR dalam empat program, yakni Bright with Pupuk Kujang, Pupuk Kujang Healthy Environment, Pupuk Kujang Green Environment, Supporting Government Program.

Dikatakan Indra, Bright Pupuk Kujang merupakan program yang memfokuskan pada sektor pertanian, peternakan, pendidikan, olahraga dan kesenian. Sedangkan healthy environment fokus pada pemberdayaan dan peningkatan kualitas kesehatan, seperti pendirian posyandu, pengadaan air bersih dan kampung sehat.

Sementara untuk program green environment, PT Pupuk Kujang melakukan penanaman satu juta pohon, dan taman Keanekaraman Hayati (Kahati). "Untuk yang supporting government program, kami turut serta dalam program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan (GP3K) berbasis korporat, program kemitraan hingga pembangunan ruang kelas baru dan berbagai sarana pendukung pendidikan lainnya," kata Indra.

Menurut Indra, pelaksanaan CSR Pupuk Kujang ini bukan sekadar untuk memenuhi kewajiban, melainkan sebagai bagian dari kepedulian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk lingkungan di dalamnya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengapresiasi peranan ratusan perusahaan, baik itu BUMN, BUMD maupun swasta yang berpartisipasi dalam program CSR Jabar. "Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada perusahaan-perusahaan, baik BUMN, BUMD dan swasta yang telah berpartisipasi memperbaiki lingkungan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jabar melalui program-program CSR," ungkap Aher, panggilan akrab Ahmad Heryawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement