Kamis 18 Feb 2016 14:13 WIB

Pakai Gas PGN, Pengusaha Ini Mengaku Bisa Hemat Rp 4,2 Juta per Bulan

Petugas Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) melakukan pengecekan instalasi pipa gas Metering Regulating Station (MRS) di PT Coats Rejo Indonesia Tajur, Bogor.Republika/Edwin Dwi Putranto
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Petugas Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) melakukan pengecekan instalasi pipa gas Metering Regulating Station (MRS) di PT Coats Rejo Indonesia Tajur, Bogor.Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama puluhan tahun PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menyalurkan gas bumi, salah satunya untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Selama ini penggunaan gas bumi  memberikan penghematan yang signifikan bagi penggunanya.

Seperti yang dirasakan Taviv Rahmadi Nasution, pemilik warung ayam penyet Akbari, di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatra Utara. Setiap bulannya, ia dapat menghemat sekitar Rp 4,2 juta dengan menggunakan gas bumi dari PGN.

"Saya sejak 2009 menggunakan gas bumi dari PGN untuk memasak di warung, jadi sudah sekitar 7 tahun lamanya pakai gas bumi, dan alhamdulillah sampai sekarang lancar-lancar saja," ungkap Taviv ketika ditemui di warungnya, Kamis (18/2).

Taviv mengungkapkan, selain aman dan bersih, penggunaan gas bumi dari PGN memberikannya banyak keuntungan, salah satunya dapat menghemat sekitar Rp 4,2 juta setiap bulan. Penghematan ini dapat dilihat dari sebelumnya ia menggunakan Liquefied Petroleum Gas (LPG) ukuran 12 kg.

"Sebelumnya saya pakai LPG 12 kg. Pemakaian rata-rata 1,5 tabung per hari, jika hari Sabtu-Minggu kami memakai 2,5 tabung. Harganya mencapai Rp 150 ribu per tabung, permakaian kami per bulan bisa sampai 50 tabung, kira-kira biaya yang dikeluarkan untuk LPG Rp 7 juta setiap bulan," ungkapnya.

Namun, dengan menggunakan gas bumi dari PGN, ia hanya memakai gas sekitar 1.000 meter kubik, dan biaya yang harus dibayar hanya Rp 2,8 juta per bulan. Sehingga dengan beralih menggunakan gas bumi, dirinya dapat menghemat Rp 4,2 juta setiap bulannya.

"Kalau dihitung kasar, setiap bulan saya hemat Rp 4,2 juta dikali 12 bulan artinya setahun saya bisa hemat Rp 50,4 juta, sampai sekarang sudah 7 tahun jadi pelanggan PGN, artinya Rp 50,4 juta dikali tujuh saya bisa hemat Rp 352,8 juta," tambahnya.

Apalagi kata Taviv, selain aman, bersih, dan efisien, pelayanan PGN terhadap pelanggannya sangat baik sekali. "Jika ada keluhan ditelpon langsung direspon, sehingga kami sebagai pelanggan sangat senang sekali karena keluhan kami dapat langsung diatasi. Jadi selama pakai gas bumi, saya nggak takut meledak atau takut bocor," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement