Jumat 29 Jan 2016 12:13 WIB

‎‎Anak Usaha KAI‎ Bakal Operasikan Pusat Niaga di Jatinegara

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah orang menyeberang jalan dengan menggunakan tombol penyeberangan dilampu merah kawasan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (6/2).(Republika/Prayogi)
Sejumlah orang menyeberang jalan dengan menggunakan tombol penyeberangan dilampu merah kawasan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (6/2).(Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Kereta Api Properti Manajemen (KAPM) sedang menggarap pembangunan pusat niaga bernama Kereta Api Trade Center (KATC) di samping Stasiun Jatinegara, Jakarta.

Humas KAPM‎ Riesta Junianti menyebut, pembangunan KATC dimulai sejak 16 Januari 2015, dan sampai hari ini sudah dalam tahap pengerjaan pemasangan dinding bangunan, pemasangan listrik PLN, pemasangan PAM, pengecatan pipa untuk pemadaman kebakaran, pemasangan ducting untuk saluran AC, dan finishing plafon ekspos.‎

"‎Proyek KAPM yang dibangun melalui Join Operation ini telah sampai progress 50 persen hingga saat ini. Target penyelesaiannya selesai akhir mei 2016," kata Riesta dalam keterangannya, Jumat (29/1).

Ia menambahkan, pembangunan KATC ini lebih tepatnya berada di ‎lahan tidur milik KAI di samping Stasiun Jatinegara, ‎seberang gedung pusat batu akik, Jakarta Gems Center.‎ Adapun luas bangunan KATC ini yang berdiri di atas tanah seluas 566 meter persegi.‎

Apa yang dilakukan KAPM ini merupakan bentuk memaksimalkan aset yang dimiliki oleh KAI, mengingat sebelumnya wilayah tersebut ditempati oleh bangunan-bangunan liar warga sekitar.

Riesta menambahkan,‎ tujuan lain pembangunan KATC tersebut adalah untuk menghubungkan Stasiun Jatinegara dan Pasar Rawa Pening JGC dengan jembatan multifungsi yang ada pada gedung KATC.

"Hal ini diharapkan dapat meminimalisasi orang menyebrang sembarangan dijalan raya Jatinegara, sehingga mengurangi kecelakaan," terang Riesta.

‎Tidak hanya itu, menurut Riesta, pembangunan KATC ini juga sebagai upaya untuk mendukung program pemprov DKI terhadap penanganan kemacetan lalu lintas di kawasan Jatinegara.‎ ‎

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement