Selasa 22 Dec 2015 20:21 WIB

Lima Waduk Berhasil Digenangi Sepanjang 2015

Rep: Sonia Fitri/ Red: Andi Nur Aminah
 Peresmian sekaligus menandai dimulainya penggenangan awal Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, Senin (31/8).    (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Peresmian sekaligus menandai dimulainya penggenangan awal Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, Senin (31/8). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) telah melakukan sejumlah capaian pekerjaan umum sepanjang 2015. Salah satunya di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, yang telah berhasil menyelesaikan lima waduk sekaligus telah memulai  penggenangannya. 

Lima waduk tersebut terhampar seluas 95.745 hektare. Waduk yang dimkasud di antaranya Waduk Jatigede di Jawa Barat, Waduk Nipah di Jawa Timut, Waduk Bajulmati di Jawa Timur, Waduk Rajui di Aceh dan Waduk Titab di Bali. "Kita juga sudah memulai pembangunan 13 waduk lainnya di 2015," kata Menpupera Basuki Hadimuljono dalam Konferensi Pers Outlook Kemenpupera 2016 pada Selasa (22/12).

Pada 2016, Kemenpupera mengagendakan membangun delapan bendungan baru. Pada rencana semula, seharusnya ada satu pembangunan bendungan yang ditender di akhir 2015. Namun karena masalah keamanan masih belum rampung, pencanangan tender ditunda hingga Januari 2016. 

Pembangunan bendungan merupakan agenda pemerintah dalam mendukung kedaulatan pangan dan energi. Sebab, nantinya bendungan-bendungan itu akan digunakan untuk saluran irigasi serta pembangkit listrik tenaga air. 

Sepanjang periode 2015-2019, pemerintah berencana membangun 65 waduk yang tersebar se-Indonesia. Ketika terwujud, diperkirakan produksi pangan dapat mengalami surplus 20 juta ton dalam jangka waktu tiga tahun.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement