Sabtu 21 Nov 2015 20:09 WIB

Irman Gusman Dukung Rachmat Gobel Pimpin Kadin

Rachmat Gobel
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Rachmat Gobel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mendukung pengusaha yang juga mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel untuk memimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2015-2020.

"Rachmat Gobel punya visi dan rekam jejak jelas untuk mendorong industri kita bersaing di pasar internasional," ujarnya di Jakarta, Sabtu (21/11).

Irman percaya Rachmat Hobel dapat menciptakan peran Kadin yang strategis menghadapi era perdagangan bebas seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Menurut dia, pengalaman panjang Rachmat Gobel di bidang industri akan mampu membawa para pengusaha Indonesia memasuki era perdagangan bebas tersebut dengan semangat yang besar dan optimal.

Pendapat Irman disampaikan terkait Munas VII Kadin di Bandung, 22-24 November 2015, yang antara lain akan memilih ketua umum baru menggantikan Suryo Bambang Sulistio.

Sosok Rachmat Gobel, kata Irman, tergolong andal dalam menguasai masalah perdagangan. "Apalagi dia punya jaringan luas secara internasional," katanya.

Rachmat Gobel pernah menjadi Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Logam, Mesin, Kimia, dan Eelektronika di masa kepemimpinan Aburizal Bakrie. Selain itu, dua kali berturut-turut dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri, Teknologi, dan Kelautan saat Kadin dipimpin Mohammad S Hidayat.

Di era Suryo Bambang Sulistio, Rachmat menjabat Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Infrastruktur, namun mundur karena ditunjuk oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement