Selasa 10 Nov 2015 23:43 WIB

BCA Luncurkan Tabungan SimPel di Bandung

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bank BCA
Bank BCA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan produk Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) di Bandung, Selasa (10/11). Peluncuran SimPel untuk mendukung upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam membangkitkan kembali budaya menabung sejak dini bagi pelajar.

Acara peresmian SimPel dihadiri oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S Soetiono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Rosmaya Hadi, Anggota DPR Komisi XI Eky Awal Mucharam, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Bandung Aos Bintang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana, Direktur BCA Suwignyo Budiman, Presiden Direktur BCA Syariah Yana Rosiana, jajaran manajemen OJK, jajaran manajemen BCA, dan jajaran manajemen BCA Syariah.

Tabungan SimPel merupakan tabungan bagi para peserta didik mulai jenjang PAUD/Raudatul Athfal (RA) hingga SMA/Madrasah Aliyah (MA) dan Pondok Pesantren yang diterbitkan secara nasional oleh perbankan di Indonesia.

Untuk mendukung edukasi dan inklusi keuangan, Tabungan SimPel diarahkan menjadi tabungan dengan persyaratan yang mudah dan sederhana, setoran awal yang ringan, bebas biaya administrasi bulanan, dan minimum setoran yang terjangkau. Selain itu, nama siswa akan tercetak pada kartu tabungan SimPel.

"BCA menyadari budaya menabung perlu dibiasakan sejak dini karena dapat memberikan banyak manfaat seperti pembangunan karakter hidup hemat, disiplin dalam membelanjakan uang, dan persiapan masa depan. Oleh karena itu, BCA mendukung penuh Tabungan SimPel yang digagas oleh OJK ini," jelas Suwignyo Budiman dalam keterangan resmi.

Suwignyo menjelaskan, sebagai bentuk nyata dukungan BCA, selama bulan Oktober sampai dengan 10 November 2015, empat Kantor Cabang Umum (KCU) Bandung telah melakukan sosialisasi dan aktivasi SimPel di sekolah-sekolah di Bandung.

Peluncuran Tabungan SimPel di Bandung tersebut diharap meningkatkan angka siswa yang menabung dengan Tabungan SimPel. Sehingga pengelolaan keuangan pelajar semakin baik.

Adapun sekolah-sekolah yang telah disosialisasikan mengenai produk SimPel oleh BCA antara lain mulai dari tingkat PAUD sampai dengan SMA, yaitu SMA  Negeri 1 Cijerah, SMA Negeri 7, SMA 23, SMK Nasional, SMA Sumatra 40, SMA Angkasa, SMA Dimiyati, SMP Alfalah, BPK Penabur Holis dan Pasirkaliki.

Sampai dengan akhir tahun ini, BCA bekerja sama dengan 10 sekolah. Ke depannya, jumlah sekolah akan ditingkatkan secara bertahap. Anak perusahaan BCA, yakni BCA Syariah, juga sudah bekerja sama dengan beberapa sekolah, antara lain SD Bintang Madani, SDN Lengkong Kecil, SDN Lengkong Besar, SDN Sukapura, SDN Parakan Waas.

Sebelumnya, pada 8 September 2015, BCA bersama OJK dan bank-bank yang berpartisipasi dalam program SimPel mengadakan Acara Aktivasi Program Tabungan SimPel di SMA Negeri 68 Jakarta. Hingga saat ini jumlah siswa yang memiliki rekening Simpanan Pelajar di BCA sebanyak 1.500 siswa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement