Kamis 05 Nov 2015 18:59 WIB

Apa Sih iB (ai-Bi) Itu?

Logo perbankan syariah
Logo perbankan syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- iB (baca ai-Bi) singkatan dari Islamic Banking dipopulerkan sebagai penanda untuk identitas bersama industri perbankan syariah di Indonesia. Identitas bersama ini diresmikan pada 2 Juli 2007. Penggunaan identitas bersama ini bertujuan agar masyarakat dengan mudah dan cepat mengenali tersedianya layanan jasa perbankan syariah di seluruh Indonesia, sebagaimana masyarakat modern yang sudah sangat akrab dengan terminologi-terminologi populer seperti iphone, ipod, ibank.

Dengan mengenali logo iB yang dipasang di bank-bank syariah ataupun bank-bank konvensional terkemuka yang menyediakan layanan syariah,  layanan jasa perbankan syariah semakin mudah diperoleh masyarakat. Semudah masyarakat mengenali logo Visa atau Master Card untuk layanan kartu kredit di semua merchant yang memasang logo tersebut di pintu masuk atau di meja kasir.

Logo iB merupakan kristalisasi dari nilai-nilai utama sistem perbankan syariah yang modern, transparan, berkeadilan, seimbang dan beretika yang selalu mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan kemitraan. Dengan semakin banyaknya bank yang menawarkan produk dan jasa perbankan syariah, kehadiran logo iB akan memudahkan masyarakat untuk mengenali secara cepat dan menemukan kelebihan layanan perbankan syariah untuk kebutuhan transaksi keuangannya.

Jadi iB perbankan syariah itu bukan merujuk kepada nama bank tertentu. iB adalah identitas bersama untuk perbankan Syariah. iB  merefleksikan kebersamaan seluruh bank-bank syariah di Indonesia untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Hingga akhir Desember 2010, tercatat sebanyak 11 Bank Umum Syariah (BUS),  23 Unit Usaha Syariah (UUS) dan 151 BPRS. Layanan perbankan syariah sendiri tercatat berjumlah 3.321 jaringan kantor yang siap melayani masyarakat Indonesia yang tersebar di 33 provinsi. Layanan ini termasuk kantor cabang bank konvensional yang menyediakan layanan syariah (office channeling) yang siap melayani semua lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

Temukan logo iB Perbankan Syariah di bank-bank terkemuka di Indonesia : Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mega Indonesia, BNI Syariah, BRI Syariah, BCA Syariah, Bank Syariah Bukopin, Panin Syariah, Bank Jabar Banten Syariah, Victoria Syariah, Maybank Syariah, BPD Syariah dan BPR Syariah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement