Kamis 29 Oct 2015 17:09 WIB

OJK Sosialisasikan Keuangan Syariah di Amazing Muharram

Rep: Sri Handayani/ Red: Nidia Zuraya
Keuangan Syariah (Illustrasi)
Keuangan Syariah (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan sosialisasi keuangan syariah melalui kegiatan Amazing Muharram yang akan diselenggarakan pada Ahad (1/11) mendatang di Menara 165, Jakarta Selatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Aku Cinta Keuangan Syariah yang disahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) 14 Juni lalu. 

"Selain mencintai Alquran, diharapkan masyarakat juga cinta kepada perbankan syariah. Kami harap perbankan syariah bisa menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat (lifestyle)," ujar Direktur Penelitian, Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK, Dhani Gunawan Idat, dalam konferensi pers di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta, Kamis (29/10).  

Dani menyebutkan, ada lima segmen yang menjadi sasaran dalam sosialisasi ini. Segmen pertama yaitu masyarakat yang harus telah memiliki kesadaran akan pentingnya keuangan syariah. Tipe ini menjadikan layanan syariah sebagai pilihan wajib dalam bertransaksi. 

Segmen kedua yaitu masyarakat yang terpaksa menggunakan layanan keuangan syariah. Mereka umumnya terdiri dari para karyawan perusahaan yang penerimaan gajinya dilakukan melalui bank syariah.

Segmen ketiga terdiri dari masyarakat yang ikut-ikutan. Kelompok ini menggunakan layanan keuangan syariah karena melihat sektor ini kini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. 

Keempat, kelompok floating, yaitu mereka yang menggunakan layanan keuangan karena dirasa lebih menguntungkan. Mereka akan dengan mudah berpindah ke sektor keuangan lain apabila dirasa lebih menguntungkan. Kelima, kelompok masyarakat yang harus menggunakan layanan keuangan syariah. Menurut Dani, saat ini kelompok floating lebih mendominasi pengguna jasa keuangan syariah. 

Dalam konferensi pers hari ini, Dani juga mengingatkan agar lembaga-lembaga keuangan syariah memandang bank syariah sebagai rahmatan lil aalamiin. "Bank syariah itu untuk umum. Jangan sampai ada semacam branding kalau bank syariah hanya untuk kaum Muslim, hanya untuk zakat, infaq, dan sebagainya. Nonmuslim juga boleh ikut asal sesuai aturan," kata dia. 

Acara Amazing Muharram diinisiasi oleh lembaga Cinta Qur'an, bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan OJK. Acara ini merupakan kegiatan tahunan Cinta Qur'an yang dimulai sejak 2012. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement