Jumat 23 Oct 2015 09:00 WIB

Rizal Singgung soal Suap, Sudirman: Sedang Bercermin Dengan Dirinya

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri ESDM Sudirman Said.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Menteri ESDM Sudirman Said.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sepertinya tak ambil pusing atas "serangan" bertubi-tubi dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli. Saat awal diangkat menjadi Menko, Rizal sudah "mengkepret" Sudirman soal proyek listrik 35 ribu MW.

Setelah itu "kepretan" kembali datang menyinggung soal rencana pengembangan Blok Masela dan isu perpanjangan kontrak Freeport. Kepada Republika Sudirman mengaku tidak mempermasalahkannya. Menurutnya, daripada berargumen sengit lebih baik membuktikan dengan karya.

Sebelumnya Rizal memang sempat menyinggung ada pejabat yang disogok dalam isu perpanjangan kontrak Freeport. Pernyataan Rizal ini sontak menimbulkan asumsi, siapa pejabat yang dimaksud. Lagi-lagi Sudirman tidak ambil pusing.

"Orang yang berpikir bahwa keputusan diambil lewat suap sedang bercermin dengan dirinya. Bahwa kalau punya kuasa artinya menerima suap. Orang yang katakan kita sedang ditekan justru sedang melemahkan dirinya sendiri. Seolah olah keputusan diambil karena tekanan. Saya sih enteng-enteng saja," katanya.

Meski demikian, Sudirman menghargai setiap masukan kepada dirinya. Kritik pedas dari siapapun, termasuk Rizal Ramli, dia terima dan dijadikan bahan instropeksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement